suarasurabaya.net

Surabaya-Batu Cukup 1,5 Jam, Ini Jalan Pintas yang Akan Dibuka
Laporan Fatkhurohman Taufik | Senin, 25 Januari 2016 | 16:31 WIB

suarasurabaya.net| Jalan tembus dari Pasuruan ke Batu diharapkan segera terbangun sehingga mampu memperpendek jalan, mengurai kemacetan serta meningkatkan potensi wisata di kawasan yang dilalui.

"Nanti jalannya akan melalui kawasan pertanian hingga bisa mendekatkan potensi yang dimiliki petani dengan para wisatawan," kata Irsyad Yusuf, Bupati Pasuruan, usai menandatangani MoU pembangunan jalan tembus Pasuruan-Batu di Gedung Negara Grahadi, Senin (25/1/2016).

Menurut dia, jalan penghubung Pasuruan-Batu ini akan melalui pusat perkebunan durian sehingga akan mampu meningkatkan penghasilan para petani durian.

Irsyad sendiri mengaku tak hkawatir akan hilangnya potensi pariwisata Pasuruan dengan adanya kemudahan akses ke Batu. "Bukan berarti wisatawan yang akan ke Pasuruan terus beralih ke Batu, tapi Pasuruan itu khas misalnya ada Taman Safari yang itu tidak ada di Batu," kata dia.

Hal yang sama juga diungkapkan Edi Rumpoko, Walikota Batu. Menurut dia, jalan tembus dari Batu ke Pasuruan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun jalanya masih sangat kecil.

"Dulu jalan ini saya gunakan naik motor trail, jadi ini tinggal melebarkan saja," kata dia.

Edi berharap, jalan tembus yang telah digagas sejak enam tahun lalu ini segera terealisasi sehingga berpotensi meningkatkan kunjungan wisatan ke Batu.

Sementara itu jalan tembus yang akan dibangun kali ini akan memanjang jumlah dari Karangsono (Kecamatan Sukorejo); kemudian ke Desa Sumbersuko, Pager, Sekarmojo dan Tejowangi (Purwosari); lantas masuk ke Desa Capang, Gajahrejo, Parerejo dan Sentul (Purwodadi).

Dari Purwodadi Pasuruan ini lantas masuk ke Desa Turirejo, Wonorejo, Ketindan, Kalirejo dan Bedali (Lawang); lantas Desa Toyomarto, Gunungrejo, Klampok, Langlang, Bocek, Tawangargo, dan Donowarih (Singosari). Lantas masuk ke Giripurno (Bumiaji).(fik/ipg)

Teks Foto:
- Kemacetan di tol Pandaan seperti ini bisa saja terurai jika sudah ada jalan tembus Surabaya-Batu.
Foto: Netter e100

B E R I T A    T E R K A I T
  • Jatim Percepat Pembangunan Jalan Tembus Pasuruan-Batu
  • Tahun Depan, Perjalanan Surabaya-Batu Cukup 1,5 Jam
  • Jalan Pintas Batu-Pasuruan Ditarget Selesai 2017
  • top