suarasurabaya.net

Hujan Berdurasi Lama Bakal Guyur Kota Surabaya Sore Nanti
Laporan Ika Suryani Syarief | Rabu, 27 Januari 2016 | 08:17 WIB

Ilustrasi. Ojek payung di sebuah pusat perbelanjaan di Surabaya. Foto: Dok. suarasurabay.net
suarasurabaya.net| Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan dengan intensitas sedang dengan durasi yang lebih lama daripada biasanya, akan mengguyur Kota Surabaya, Rabu (27/1/2016) sore.

Bambang Setiajid Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda mengatakan, berdasarkan pantauan citra radar pada Rabu pagi, awan hujan tersebar secara merata di seluruh wilayah Jawa Timur, namun lebih tebal di sisi selatan Jawa Timur.

"Pagi ini sisi selatan Pulau Jawa mendapatkan asupan uap air yang cukup banyak, sehingga hujan akan turun dengan intensitas lebih tinggi. Kondisi ini berbanding terbalik dengan sisi utara Pulau Jawa seperti Kota Surabaya, Sidoarjo dan Pasuruan, hari ini peluang hujannya tetap ada, tapi intensitasnya lebih rendah daripada tiga hari lalu," katanya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu pagi.

Bambang juga mengimbau masyarakat agar menjaga kebersihan saluran pembuangan air hujan karena meski intensitas curah hujan berkurang, durasinya akan lebih lama. "Dibutuhkan saluran air yang bersih agar tidak terjadi genangan karena hujan turun dengan durasi yang lama," katanya.

Sedangkan, peluang terjadinya angin kencang dan puting beliung, kata Bambang, semakin kecil.

"Kali ini kita dapat pancaroba dua kali. Angin kencang yang berhembus selama lima hari terakhir seperti akhir masa pancaroba November lalu, adalah dampak musim pancaroba yang kedua," katanya.(iss/ipg)
top