suarasurabaya.net

Kongres Asosiasi Studi Inggris se Indonesia Digelar di UK Petra Surabaya
Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 27 Januari 2016 | 17:41 WIB

Konggres Asii 2016 digelar di UK Petra Surabaya. Foto: UK Petra Surabaya for suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Kongres Asosiasi Studi Inggris se Indonesia (Asii) digelar mulai Rabu (27/1/2016) hingga Kamis (28/1/2016) di kampus Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya.

Kongres yang diikuti 148 peserta berasal dari 64 perguruan tinggi Prodi Sastra Inggris seluruh Indonesia ini akan membahas jejaring kerjasama penelitian sekaligus pertukaran dosen atau mahasiswa demi kemajuan pendidikan Indonesia.

"Dalam kongres ini, dirumuskan diantaranya kurikulum yang disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), pemetaan riset Prodi Sastra Inggris hingga Gugus-tugas," kata Herwindy Maria Tedjaatmadja, S.S., MA-ELT, Ketua Panitia kongres pada suarasurabaya.net, Rabu (27/1/2016).

Asii ini mulai terbentuk pada bulan Juni 2014 dengan sejumlah aktivis yang berkumpul di Universitas Indonesia (UI), Depok. Dan mulai 2015, jumlah anggota mulai bertambah mencapai kurang lebih 60 universitas dari Prodi Sastra Inggris se-Indonesia.

Rapat kerja nasional yang diadakan tahun 2015 lalu di Sanata Darma, Yogyakarta dan Universitas Padjajaran, Bandung, Asii dibentuk dengan tujuan untuk membangun jejaring kerjasama antar Prodi khususnya dalam bidang akademik seperti penelitian bersama ataupun pertukaran mahasiswa serta dosen.

Tidak hanya itu, Asii juga bertujuan membangun suara kolektif Prodi Sastra Inggris di Indonesia dalam menjawab tuntutan masyarakat dan negara demi kemajuan bersama.

"Diharapkan akan tercipta pemantapan kelembagaan, payung riset kolaboratif antar institusi dan pemetaan kurikulum bidang sastra-budaya, pengajaran bahasa dan Linguistik. Ini akan menuju pembentukan Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) sebagai alternatif bagi PAN-PT yang berlaku saat ini," kata Manneke Budiman, PhD., Ketua Assi.(tok/dwi)
top