suarasurabaya.net

Daop Surabaya Buka Pemesanan Tiket KA Lebaran
Laporan Dwi Yuli Handayani | Rabu, 30 Maret 2016 | 20:13 WIB

suarasurabaya.net| PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (Daop) 8 Surabaya sudah mulai membuka pemesanan tiket kereta api untuk kegiatan mudik Lebaran 2016 dengan ketentuan setiap satu tiket hanya berlaku untuk satu calon penumpang.

Suprapto Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Rabu (30/3/2016) mengatakan ketentuan yang diberlakukan bertujuan untuk kenyamanan dan kemudahan penumpang kereta api dan menekan upaya penjualan kembali atau percaloan tiket kereta api.

"Pembelian tiket untuk mudik Lebaran atau H-90 hari sebelum hari pemberangkatan terdapat beberapa ketentuan diantaranya setiap satu tiket hanya berlaku untuk satu calon penumpang saja, dan peraturan ini merupakan inovasi untuk kenyamanan dan kemudahan bagi penumpang kereta api," ucap Suprapto di Surabaya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan, PT KAI terus berupaya melakukan perbaikan dan inovasi, tujuannya untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang termasuk membuka pelayanan pembelian tiket pada 90 hari sebelum Lebaran.

"Jika lebarannya jatuh pada tanggal 6 dan 7 Juli 2016 maka untuk mudik lebaran pada H-90 tiketnya bisa dibeli hari ini. Dan keuntungan membeli tiket mudik lebih awal adalah bisa memilih tempat duduk dan memilih kereta sesuai dengan keinginan," katanya.

Sementara, kata Suprapto, jika membeli tiket KA mendekati Lebaran maka harga tiket akan naik dan dikawatirkan habis sebab harga tiket KA eksekutif dan bisnis pada hari tertentu menggunakan tarif batas atas.

"Untuk tiket lebaran, PT KAI tidak menaikan harga hanya menggunakan tarif batas atas dan batas bawah serta KA ekonomi yang menggunakan tarif PSO harganya tetap," katanya.

Suprapto mengatakan, untuk pemesanan tiket bisa dilakukan melalui dalam jaringan (daring) dengan alamat laman tiket.kereta-api.co.id atau beberapa laman yang telah kerja sama dengan PT KAI.

"Selain itu, juga tersedia di beberapa jaringan PT KAI dan beberapa toko retail yang juga menyediakan pemesanan tiket kereta api," katanya. (ant/dwi/rst)
top