suarasurabaya.net

Mulai Hari Ini, Harga Tiket Beberapa Perjalanan KA Turun
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 01 April 2016 | 18:53 WIB

Masyarakat antre di loket Stasiun Surabaya Pasar Turi. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Dipastikan masyarakat pengguna moda transportasi Kereta Api (KA) mulai keberangkatan 1 April 2016, akan menikmati penurunan harga tiket beberapa tarif KA ekonomi jarak jauh dan sedang bersubsidi.

Penurunan tarif tersebut sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 13 tahun 2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perhubungan PM 198 Tahun 2015 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Pelayanan Kelas Ekonomi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik (PSO).

Total terdapat 7 rute perjalanan KA yang mengalami penurunan tarif dengan rata-rata penurunan hingga sekitar 5%.

Penurunan tarif ini dilakukan pemerintah sebagai respon dari turunnya harga bahan bakar minyak (BBM) yang sudah berlaku sejak 5 Januari 2016 lalu.

"Kereta Logawa rute perjalanan Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember, kereta Pasundan rute Surabaya Gubeng-Kiaracondong, dan beberapa kereta lainnya mengalami penurunan harga tiket sekitar 5%," kata Suprapto Manajer Humas PT KA Daop 8 Surabaya.

Harga tiket Kereta Logawa dengan rute Purwokerto-Surabaya Gubeng-Jember yang sebelumnya Rp80.000, turun menjadi Rp76.000. Demikian juga dengan kereta Probowangi rute Surabaya Gubeng-Probolinggo-Banyuwangi yang sebelumnya Rp60.000 menjadi Rp58.000.

"Lengkapnya, bisa dilihat di stasiun-stasiun terdekat. Yang pasti ada beberapa rute perjalanan kereta api yang mengalami penurunan harga," kata Soeprapto, Jumat (1/4/2016).

Bagi penumpang yang telah membeli tiket perjalanan kereta api yang mengalami penurunan harga, maka PT KAI akan mengembalikan selisih tarif kepada penumpang di stasiun kedatangan dengan cara menunjukkan tiket KA tersebut.(tok/ipg)
top