suarasurabaya.net

Ketua MPR Berbela Sungkawa untuk Korban Banjir dan Longsor di Jateng
Laporan Muchlis Fadjarudin | Senin, 20 Juni 2016 | 17:38 WIB

Zulkifli Hasan. Foto: Faiz/Dok. suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Zulkifli Hasan Ketua MPR RI menyampaikan rasa duka yang mendalam atas musibah yang menimpa para korban tewas dan luka serta hilang akibat bencana alam banjir bandang serta tanah longsor yang terjadi hampir di seluruh daerah di Jawa Tengah, Sabtu (18/6 /2016).

"Kepada para keluarga korban yang meninggal dunia, saya mengucapkan rasa bela sungkawa yang sedalam-dalamnya, dan kepada keluarga korban yang menderita luka-luka. Saya menyampaikan rasa simpati yang mendalam dan berdoa semoga cepat sembuh, serta kepada keluarga korban yang masih dinyatakan hilang semoga bisa cepat ditemukan dengan selamat," kata Zulkifli, di Jakarta, Senin (20/6/2016)

Sejumlah daerah di Jawa Tengah mengalami bencana banjir bandang dan tanah longsor akibat hujan sangat deras yang mengguyur tanpa henti sepanjang akhir pekan dan makin deras sejak Sabtu siang (18/6/2016) sampai malam hari sehingga menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor.

Sekitar 16 kabupaten dan kota antara lain Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo terkena dampak bancana paling parah

Bencana ini mengakibatkan korban puluhan warga baik korban jiwa, luka maupun hilang tersapu banjir dan tanah longsor serta kehilangan harta benda. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau pemerintah daerah dan masyarakat Jawa Tengah agar mewaspadai masih berpotensi terjadinya hujan lebat hingga tanggal 20 Juni 2016. Hingga Senin (20/6/2016) dikabarkan jumlah korban jiwa, luka maupun hilang masih bertambah.

Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa pihaknya bersama BPBD sedang memprioritaskan evakuasi serta penanganan warga yang terdampak serta pemenuhan logistik serta tenda pengungsian.(faz/iss/ipg)
top