suarasurabaya.net

Pemeriksaan Ternak Jelang Qurban Tidak Temukan Penyakit
Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 05 September 2016 | 13:59 WIB

Petugas dari dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya memeriksan kesehatan gigi kambing. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya, Senin (5/9/2016) melakukan pemeriksaan ternak menjelang pelaksanaan Idul Qurban tahun ini di beberapa sentra penjualan ternak di Kota Surabaya. Dari pemeriksaan sementara tersebut tidak ditemukan ternak yang sakit.

"Pemeriksaan memang akan kami lakukan kembali beberapa hari kedepan. Dari pemeriksaan hari ini, petugas kami tidak menemukan adanya ternak yang sakit atau ternak berpenyakit. Kondisinya sehat dan segar semuanya," terang Drh. Meita I Wowor Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya.

Meita menambahkan bahwa kondisi ternak memang kadang terpengaruh dengan kondisi sekitarnya sesaat setelah mulai sampai di Surabaya. "Waktu dibawa dari desa atau kota lain, kondisinya memang segar dan sehat. Tapi bisa jadi selama perjalanan menuju Surabaya mengalami gangguan, kemudian sakit," kata Meita.

Untuk itu, pengawasan kondisi kesehatan ternak setelah sesampai di Surabaya dan menempati lahan-lahan tempat penjualan, seperti yang ada di hampir sepanjang kawasan jalan Ir. Soekarno atau kawasan Merr wajib dilakukan.

"Ternak-ternak ini dibawa dari desa atau kota lain diluar Surabaya. Dinaikkan truk. Kan bisa saja ternak-ternak itu kemudian stress dan sakit. Oleh karena itu pemeriksaan kesehatan ternak perlu dilakukan sebelum ternak dibeli untuk kurban," tambah Meita.

Pemeriksaan kesehatan ternak dilakukan perugas dengan satu diantaranya adalah memeriska bagian mulut dan gigi Kambing maupun Sapi. Juga dilakukan pemantauan pada kulit serta kondisi fisik lainnya.

Tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan ternak, pada kesempatan itu petugas Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Surabaya juga memberikan informasi terkait pakan ternak yang sehat dan tidak berdampak pada kesehatan ternak.

"Pakan ternak yang sehat juga penting diinformasikan kepada penjual ternak agar ternaknya tidak mengalami gangguan kesehatan akibat pakan yang salah. Ini penting untuk para penjual ternak," pungkas Meita pada suarasurabaya.net.(tok/rst)
top