suarasurabaya.net

Tanah Longsor, Jalur Trenggalek - Ponorogo Tertutup
Laporan Tito Adam Primadani | Rabu, 23 November 2016 | 21:17 WIB

Tanah longsor di Trenggalek memutuskan jalur Trenggalek-Ponorogo, Rabu (23/11/2016). Foto : twitter BPBD Trenggalek
suarasurabaya.net| Emil Dardak Bupati Trenggalek mengatakan, jalur longsor Ponorogo-Trenggalek KM16-17, Desa Nglinggis, memang merupakan lokasi rawan longsor. Saat ini, longsor yang terjadi di kawasan itu memutuskan jalur Ponorogo Trenggalek, Rabu (23/11/2016).

"Longsor sudah terjadi sejak sore tadi, mendadak hujan turun sangat deras menjelang maghrib. Kondisi tebing yang curam dan labil serta hujan yang masih turun membuat tim gabungan menghentikan sementara pembersihan lokasi longsor," kata Emil kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (23/11/2016).

Emil juga mengatakan, tanah di lokasi longsor masih bergerak ke bawah. Petugas yang sempat melakukan pembersihan tidak bisa secara maksimal, karena membahayakan petugas.

"Saya juga meminta kepada operator serta alat berat selalu siap di lokasi, jika cuaca mendukung langsung pembersihan dilakukan. Kami pantau terus, kalau terlalu malam paling lambat besok pagi selesai. Tapi kami coba dulu, jika terlalu gelap memang akan susah," katanya.

Dia mengaku, pembersihan ini tidak bisa dilakukan tergesa-gesa. Karena selain tanah yang masih labil, petugas rawan bahaya akibat tebing di lokasi yang curam.

Emil bercerita, dua hari yang lalu di lokasi yang sama juga terjadi longsor. Saat itu, dia mengerahkan dua alat berat dan bisa selesai dalam beberapa jam. Namun, kata Emil, kondisi longsor saat ini berbeda dengan dua hari yang lalu.

"Karena itu, kami ingin ajak pemerintah pusat untuk mau melakukan langkah selanjutnya untuk meminimalisir longsor. Kondisi alam di lokasi memang rawan dan sering terjadi longsor," katanya.

Akibat longsor ini, pihak Pemerintah Kabupaten Trenggalek bersama dengan Pemkab Ponorogo, sudah berkoordinasi untuk jalur alternatif untuk motor roda dua.

"Untuk dari arah Trenggalek, bisa melewati Pucang Anak - Gading - Pangkal Ponorogo. Sedangkan dari arah sebaliknya, bisa melewati jalur pemukiman Desa Nglinggis menuju Pucan Anak," kata Emil.

Selain longsor, kata Emil, pohon tumbang juga terjadi di lokasi. Namun, pohon tumbang saat ini sudah bisa dibersihkan oleh petugas. (tit/tok)
top