suarasurabaya.net

Australia dan Inggris Keluarkan Travel Advice, Polri Menjamin Indonesia Aman
Laporan Farid Kusuma | Jumat, 23 Desember 2016 | 20:03 WIB

Kombes Martinus Sitompul Kabagpenum Polri, memberikan keterangan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/12/2016). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Penangkapan terduga teroris beberapa hari lalu, membuat Pemerintah Australia dan Inggris langsung mengeluarkan Travel Advice buat warganya yang akan berkunjung ke Indonesia.

Mereka menilai, Indonesia rawan aksi terorisme menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Menanggapi hal itu, Kombes Martinus Sitompul Kepala Bagian Penerangan Umum Polri menegaskan, situasi dan kondisi Indonesia bakal aman terkendali.

"Kami sudah meningkatkan patroli di berbagai wilayah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Kalau ada negara yang mengeluarkan travel advice, itu kan penilaian sepihak mereka," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Kombes Martinus menambahkan, aktivitas masyarakat dan lalu lintas berlangsung seperti biasa. Menurutnya, itu adalah indikator kalau Indonesia aman buat warganya dan wisatawan mancanegara.

Sekadar diketahui, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, mengimbau warganya yang mau berwisata ke Indonesia, mengalihkan tujuan ke negara lain.

Pemerintah Australia menilai, tempat berkumpulnya orang-orang barat di Indonesia, berpotensi jadi target serangan teror.

Sedangkan Kementerian Luar Negeri Inggris, mengimbau warganya di Indonesia, ekstra waspada selama periode Natal, Tahun Baru dan juga Tahun Baru Imlek, yang jatuh pada 28 Januari 2017.

Menurut Pemerintah Inggris, kelompok teroris di Indonesia bisa melakukan serangan, kapan saja dan di mana saja. (rid/ipg)
top