suarasurabaya.net

Negara Kawasan Pasifik Apresiasi Upaya Indonesia Bangun Papua dan Papua Barat
Laporan Anggi Widya Permani | Kamis, 01 Februari 2018 | 07:46 WIB

Wiranto Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan dan YM Baron Divavesi Waqa Presiden Nauru. Foto: Polhukam
suarasurabaya.net| Sejumlah negara di kawasan Pasifik Selatan mengapresiasi langkah pemerintah Indonesia yang terus membangun dan mengembangkan Papua dan Papua Barat serta mendukung setiap upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membuat rakyat di daerah tersebut sejahtera.

"Kami mendukung setiap langkah yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk mensejahterakan rakyat di Papua dan Papua Barat," ujar YM Baron Divavesi Waqa Presiden Nauru usai melaksanakan pertemuan bilateral dengan delegasi Indonesia yang dipimpin Wiranto Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan di Government House, Republik Nauru, dilansir Antara, Kamis (1/2/2018).

Ia percaya bahwa upaya pemerintah Indonesia memiliki niat yang sangat baik. Karena itu Nauru akan terus mendukung dan tetap menjalin persahabatan dan kerja sama dengan Indonesia.

"Kami masyarakat Nauru akan selalu menganggap Indonesia sebagai sahabat. Kami paham dengan apa yang dilakukan pemerintah Indonesia yaitu menciptakan pembangunan untuk Papua dan Papua Barat," kata Y. M. Baron.

Sementara itu, Enele Sopoaga Perdana Menteri Tuvalu, menyatakan sikap untuk tidak ikut campur mengenai masalah di Papua dan Papua Barat.

Ia hanya berpesan agar penegakan hak asasi manusia tetap dilaksanakan, termasuk hak kebudayaan.

"Kita tidak ingin ikut campur dengan kebijakan Indonesia. Kami sangat menghargai hak asasi manusia, termasuk hak kebudayaan, tetapi Tuvalu tidak punya posisi untuk ikut campur dalam masalah ini," kata Enele Sopoaga.

Tampilkan Budaya Papua

Dalam perayaan HUT Kemerdekaan Republik Nauru yang ke-50, pemerintah Indonesia juga turut menyemarakkan acara kebudayaan yang digelar masyarakat Nauru. Indonesia mempersembahkan band musik asal Papua dan Papua Barat yang diberi nama Papua Original.

Menurut Wiranto Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, selain ikut memeriahkan perayaan HUT Kemerdekaan Nauru, adanya band kesenian dari Papua dan Papua Barat juga merupakan salah satu misi pemerintah Indonesia. Karena pemerintah ingin agar semua negara tetap bersahabat.

"Saya membawa tim kesenian dari Papua dan Papua Barat dengan harapan ada satu kesaman kultur yang menunjukkan bahwa kita bersahabat. Kita beda tapi sebenarnya ada irisan-irisan suku bangsa yang tidak bisa kita elakkan," kata Wiranto.

Menurutnya, Indonesia juga memiliki masyarakat yang berasal dari rumpun Melanesia dan Polynesia dan umumnya bermukim di wilayah Indonesia bagian timur.

"Kita ini sama. Sehingga pada saat penampilan dalam acara kebudayaan kemarin kita joget bersama-sama untuk mengikuti irama reggae nya dari band Papua. Intinya bahwa misi ini harus menghasilkan satu peningkatan, satu persahabatan yang sangat baik antara Indonesia dengan negara-negara Pasifik yang dulunya memang kita kurang kesempatan untuk menyentuh mereka," pungkasnya. (ant/ang/dwi)
top