suarasurabaya.net

Parlemen Inggris Tekan Zuckerberg untuk Bersaksi soal Pelanggaran Facebook
Laporan Dwi Yuli Handayani | Rabu, 02 Mei 2018 | 14:55 WIB

Mark Zuckerberg saat menghadiri sidang Kongres Amerika Serikat terkait kebocoran data 87 juta pengguna Facebook. Foto: Reuters
suarasurabaya.net| Anggota parlemen Inggris, Selasa (1/5/2018), mengancam akan mengeluarkan surat panggilan resmi untuk pemimpin Facebook Mark Zuckerberg agar dia bersaksi atas isu kebocoran data, setelah dia menolak hadir.

Zuckerberg bulan lalu dicecar oleh Kongres Amerika Serikat (AS) tetapi mengirim salah satu anggota eksekutifnya untuk menjawab interogasi dari komite budaya dan media Majelis Rendah.

Anggota parlemen sedang menyelidiki penggunaan data Facebook yang dilakukan oleh Cambridge Analytica perusahaan konsultasi politik Inggris serta fenomena "berita palsu" dan keterlibatan Rusia dalam menyebarkan informasi yang salah secara online.

Dalam suratnya untuk Facebook, ketua komite Damian Collins mengutip laporan yang belum dikonfirmasi bahwa Zuckerberg akan bersaksi di hadapan Parlemen Eropa pada Mei dan memintanya untuk datang ke London selama kunjungan yang sama.

"Kami ingin sidang di sini berlangsung sebelum 24 Mei. Kami berharap dia akan merespons dengan positif permintaan kami, tetapi jika tidak komite akan memutuskan untuk mengeluarkan panggilan resmi untuk kehadirannya ketika dia nanti berada di Inggris," tulisnya seperti dilansir Antara.

Mengabaikan panggilan resmi dapat mendorong tindakan dari Majelis Rendah, meski sebelumnya, ancaman itu biasanya sudah cukup untuk menghadirkan saksi, demikian AFP. (ant/dwi)
top