suarasurabaya.net

Umat Budha Surabaya Siapkan Waisak
Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 28 Mei 2018 | 15:44 WIB

Persiapan altar persembahyangan Waisak untuk anak-anak di vihara Budhayana Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Berbagai rangkaian ritual guna merayakan Waisak, sudah digelar umat Budha di Kota Surabaya sejak beberapa waktu lalu. Senin (28/5/2018) umat mempersiapkan persembahyangan untuk perayaan Waisak.

"Hari ini kami hanya mempersiapkan altar untuk pelaksanaan sembahyang dan doa bersama perayaaan Waisak yang jatuh pada Selasa (29/5/2018). Akan ada dua kali sembahyang, pada pagi dan malam hari," terang Heru Santoso Sekretaris Vihara Budhayana Surabaya.

Sembahyang pada pagi hari, lanjut Heru adalah doa bersama perayaan Waisak yang diikuti oleh segenap umat Budha. Mulai dari anak-anak hingga remaja dan orang dewasa akan mengikuti doa yang dipusatkan di vihara.

"Kalau sembahyang malam harinya bertepatan dengan menjelang detik-detik Waisak pada pukul 21, menit 19, detik 19, yang serentak dilakukan oleh seluruh umat Budha di manapun berada," kata Heru.

Sementara itu, sederet rangkaian doa dan ritual menjelang pelaksanaan Waisak, sudah dilakukan umat Budha di Vihara Budhayana Surabaya diantaranya adalah: perjalanan pengambilan air suci di Jolotundo, prosesi api abadi di Madura dan memandikan rupang Budha.

Rangkaian kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak 20 Mei 2018 lalu oleh umat. "Prosesi pengambilan air suci 20 Mei, prosesi api abadi 25 Mei, dan mandi rupang Budha pada Minggu (27/5/2018)," papar Heru.

Selanjutnya, umat Budha akan mengikuti sembahyang Waisak pada Selasa (29/5/2018), kemudian akan berkumpul untuk bersyukur bersama seluruh umat.(tok/ipg)
top