suarasurabaya.net

Pemerintah akan Resmikan Delapan Ruas Tol Transjawa
Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 15 Juli 2018 | 13:50 WIB

Ilustrasi
suarasurabaya.net| Pemerintah akan segera meresmikan delapan ruas tol Transjawa pada tahun ini seiring dengan proses pengerjaan yang terus dilakukan.

"Hari ini kami sudah meresmikan ruas tol Kartasura-Sragen yang panjangnya 35 kilometer," kata Basoeki Hadimoeljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada peresmian Gerbang Tol Ngemplak di Boyolali, Minggu (15/7/2018) seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan ruas tol Kartasura-Sragen tersebut merupakan salah satu dari delapan ruas tol Transjawa yang saat ini sedang dalam proses pengerjaan.

"Sedangkan yang lain di antaranya ada Sragen-Ngawi, Wilangan-Kertosono, dan Batang-Pemalang," katanya.

Ia mengatakan untuk anggaran yang dibutuhkan pada pembangunan delapan ruas tol tersebut sebesar Rp13,5 triliun. Proyek itu sendiri, dikatakannya, sudah dimulai sejak tahun 2007.

"Proses pembebasan lahan sudah dimulai sejak tahun tersebut. Selanjutnya mulai tahun 2015 dikerjakan secara masif," katanya.

Sementara itu, dikatakannya, untuk proyek tol lain yang saat ini juga masih dalam pengerjaan di antaranya Kartasura-Salatiga, Samarinda-Balikpapan, dan Medan. Khusus untuk Kartasura-Salatiga diprediksikan segera selesai dalam waktu dekat.

Sedangkan untuk rencana pembangunan tol yang baru yaitu Semarang-Demak.

"Untuk ruas Semarang-Demak pada tahun ini dilelang dulu," katanya. (ant/dwi)
top