suarasurabaya.net

Menkumham Sidak di Lapas Porong
Laporan Denza Perdana | Minggu, 22 Juli 2018 | 23:01 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Yasonna Hamonangan Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) menggeledah sejumlah ruang tahanan di Lapas Klas I Surabaya di Porong Sidoarjo, Jatim, Minggu (22/7/2018) malam.

"Peristiwa yang terjadi di Sukamiskin merupakan tamparan keras bagi jajaran. Saya sudah instruksikan untuk melaksanakan tugas sesuai dengan SOP yang ada," katanya saat memimpin apel menjelang pelaksanaan sidak Lapas Klas I Surabaya di Porong Sidoarjo.

Ia mengatakan, inspeksi ini juga dilaksanakan di sejumlah wilayah seperti Medan, Riau, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jogja, Jatim, Bali, Kalbar, Kalbar, Kalsel, Sulsel dan beberapa tempat lainnya.

"Kami juga sengaja mengundang media terkait dengan kegiatan ini. Sidak Lapas ini dilakukan untuk mencegah penyalahgunaan yang dilakukan dilakukan warga binaan," ujarnya sebagaimana dilansir Antara

Yasonna mengatakan, tugas tersebut harus rutin dilakukan, tidak hanya simbolik gerakan bersih-bersih saat momentum ini saja. "Termasuk Sukamiskin harus mau dikoreksi, terbuka pada kritik yang masuk," katanya.

Dia menjelaskan, jika dulu sudah sering dikatakan untuk bersih-bersih narkoba termasuk di dalamnya pembersihan telepon genggam. "Namun yang terjadi sekarang ini adalah jual beli fasilitas, ini yang mencoreng lembaga," katanya.

Ia berpesan, supaya kegiatan ini bukan untuk hari ini saja, kalau waktunya bersih-bersih juga harus dilakukan. "Bersih-bersih harus konsisten dilakukan," katanya.

Kegiatan itu dibagi menjadi beberapa tim dan berhasil menyita sejumlah barang-barang seperti kipas angin, kabel, tampar, peralatan makan, pisau kecil, alat pemanas air, parfum dan lain sebagainya.(ant/den)
top