suarasurabaya.net

Kemensos Siapkan Rp6 Miliar untuk Korban Gempa Lombok
Laporan Agustina Suminar | Minggu, 12 Agustus 2018 | 17:37 WIB

Korban gempa bumi melipat pakaian bekas sumbangan masyarakat di tempat pengungsian di Desa Santong, Kayangan, Lombok Utara, NTB, Sabtu (11/8/2018). Foto: Antara
suarasurabaya.net| Kementerian Sosial menyiapkan dana Rp6,06 miliar untuk pemberian santunan bagi ahli waris korban yang meninggal akibat gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Semua akan kami berikan santunan ahli waris masing-masing Rp15 juta. Kalau ada 404 yang meninggal kami siapkan Rp6,06 miliar," kata Idrus Marham Menteri Sosial di sela Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia di Buperta Cibubur, Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Ia mengutip Komandan Satuan Tugas Gempa Lombok yang melaporkan bahwa hingga hari ini jumlah korban yang meninggal dunia akibat gempa di Lombok tercatat 404.

Sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana hingga Sabtu (11/8/2018) mencatat, ada 387 korban meninggal dunia yang tersebar di Kabupaten Lombok Utara (334), Lombok Barat (30), Lombok Timur (10), Kota Mataram (9), Lombok Tengah (2), dan Kota Denpasar (2).

Idrus mengatakan, saat dia mengunjungi Lombok pascagempa Minggu (5/8/2018), santunan sudah diberikan kepada ahli waris 94 korban meninggal yang ditemukan sehari setelah gempa.

Pemerintah juga akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang rusak akibat gempa.

"Yang paling penting bahwa seluruh rumah yang rusak akan direhabilitasi kembali. Pemerintah memutuskan akan memberikan bantuan sebesar Rp50 juta untuk rumah rusak berat, Rp20 juta rusak sedang dan Rp10 juta yang rusak ringan," ujarnya dilansir Antara.

Kementerian Sosial juga menyalurkan 12.000 paket bahan pokok, mendirikan dapur umum serta menyalurkan 1.300 tenda untuk hunian sementara warga yang mengungsi karena rumahnya rusak.

Bersama Lembaga Perlindungan Anak Indonesia dan bekerja sejumlah perguruan tinggi, kementerian juga memberikan bantuan psikososial untuk pemulihan trauma korban gempa.(ant/tin/dwi)
top