suarasurabaya.net

Tilang Elektronik Segera Diterapkan Polda Metro Jaya
Laporan Agustina Suminar | Sabtu, 15 September 2018 | 09:33 WIB

CCTV di Kota Surabaya. Foto: Dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Direktorat Lalu-lintas Polda Metro Jaya akan laksanakan tilang elektronik pada awal Oktober 2018.

"Kami akan ujicobakan beberapa titik di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Jenderal Sudirman," kata Komisaris Besar Polisi Yusuf, Direktur Lalu-lintas Polda Metro Jaya, di Jakarta Sabtu (15/9/2018).

Yusuf mengatakan, uji coba tilang elektronik itu mengandalkan kamera pemantau berteknologi canggih.

Antara melansir, nantinya kamera mampu menangkap gambar atau tampakan nomor polisi kendaraan di layar monitor secara jelas dan memiliki resolusi tinggi.

Diungkapkan Yusuf, kamera pemantau itu secara otomatis mencari dan menangkap data identitas kendaraan yang melanggar aturan berlalu-lintas.

Kemudian data itu dikirim ke pusat data server Polda Metro Jaya. Setelah itu, petugas akan mengkonfirmasi melalui surat atau telepon seluler pemilik kendaraan itu untuk memberitahukan surat bukti pelanggaran (tilang).

Sejauh ini, Yusuf mengungkapkan, sejumlah kamera pengawas telah tersedia dan diujicobakan selanjutnya alat itu akan dipasang pada persimpangan sepanjang Jalan Thamrin-Jalan Sudirman.

Pada tahap awal, Yusuf menuturkan, polisi akan menyosialisasikan pemberlakuan tilang elektronik selama satu bulan sebelum dilakukan penegakan hukum.

Sebelumnya, di Surabaya sendiri sudah pernah melakukan uji coba penindakan tilang by CCTV yang dilakukan secara berkala.

Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengatakan, e-tilang ini bagian dari program jangka panjang manajemen penataan lalu lintas secara modern.

Diharapankan, kedepannya secara pelan-pelan peran teknologi ini tidak perlu lagi melibatkan petugas di lapangan untuk mengawasi dan menjaga arus lalu lintas.(ant/tin/ipg)
top