suarasurabaya.net

Peserta Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya Siap Jadi Agen Keselamatan Berkendara
Laporan Agung Hari Baskoro | Sabtu, 06 Oktober 2018 | 15:05 WIB

Para Agen Keselamatan Berkendara Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya berpose di lapangan praktik MPM Safety Riding Center di Sedati, Sidoarjo, Sabtu (6/10/2018). Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Tak hanya sekedar teori, para agen keselamatan berlalu-lintas di Honda Safety Riding Kelana Kota Surabaya juga mendapatkan kesempatan untuk praktik langsung berkendara di lapangan praktek MPM Safety Riding Center Sedati Sidoarjo, Sabtu (6/10/2018).

Puluhan Agen ini berkesempatan secara langsung untuk belajar mengenai teknik-teknik berkendara seperti Easy Slalom, Braking Area, Cornering, dan Plank Riding.

Para Instruktur dari MPM Honda sebelumnya memberi contoh tentang masing-masing teknik, dan kemudian memberi kesempatan kepada para agen untuk mencoba.

Para agen yang sejak pukul 08.30 WIB menerima materi di kelas, terlihat bersemangat mencoba tantangan di masing-masing kategori teknik. Dengan adanya praktik langsung, diharapkan para agen bisa memahami secara penuh tentang keselamatan berkendara.

Sebelum praktik di lapangan, puluhan agen keselamatan berkendara juga mendapatkan materi teori berkendara dari Dimas Satya Instruktur MPM Honda.

Dimas menjelaskan, ada tiga mekanisme berkendara di jalan, yaitu analisa, keputusan, dan pengoperasionalan.

"Pengendara yang baik harus memiliki analisa yang matang agar bisa mengambil keputusan dan mengoperasionalkan kendaraan dengan baik," katanya.

Di materi ini, para agen juga mendapat pengetahuan tentang panduan berkendara sepeda motor yang aman.

Kata Dimas, pengendara lebih baik melakukan pemanasan tubuh agar tidak lelah. Pengendara juga diimbau agar melakukan pengecekan motor secara rutin sebelum berkendara untuk menghindari kecelakaan.

Dimas berharap, para agen bisa menyosialisasikan panduan berkendara aman. Ini bertujuan agar kedepan masyarakat bisa makin sadar dalam berkendara.(bas/tin)
top