suarasurabaya.net

Kemendagri Beri Penghargaan untuk Sejumlah Ormas Terbaik Tahun 2018
Laporan Farid Kusuma | Selasa, 06 November 2018 | 12:06 WIB

Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri berfoto bersama pimpinan ormas penerima penghargaan Kemendagri Tahun 2018, Selasa (6/11/2018), di Hotel Redtop, Jakarta Pusat. Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, hari ini, Selasa (6/11/2018), menggelar acara Forum Komunikasi Koordinasi Nasional dan Regional antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Organisasi Masyarakat.

Dalam acara itu, Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada ormas-ormas yang dinilai memberikan dampak positif dalam pencapaian tujuan pembangunan nasional, dalam berbagai kategori.

Soedarmo Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) mengatakan, penganugerahan itu merupakan apresiasi pemerintah kepada ormas-ormas yang memiliki sumbangsih besar dalam pencapaian tujuan pembangunan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI.

"Tujuan dari penghargaan terhadap Ormas adalah menumbuhkan keinginan untuk memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi kesatuan dan persatuan bangsa, menumbuhkan rasa cinta tanah air, terwujudnya hubungan kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat dan meningkatnya partisipasi dan keberdayaan ormas," kata Soedarmo dalam sambutannya di Hotel Redtop, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Penghargaan diberikan langsung oleh Tjahjo Kumolo Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Untuk kategori Pendidikan, SMA Selamat Pagi Indonesia sekolah gratis untuk anak-anak kurang mampu secara ekonomi yang ada di daerah Batu, Malang, Jawa Timur, masuk dalam daftar nominator penerima penghargaan.

Sekolah yang diinisiasi Julianto Eka Putra itu masuk dalam radar Kemendagri sebagai organisasi bidang pendidikan terbaik bersama Yayasan Taman Iskandar Muda yang mendapatkan penghargaan tahun 2018, dan Yayasan Sokola.

Kemudian, penghargaan kategori ormas bidang Kesehatan diberikan kepada Kasih Anak Kanker Indonesia.

Penghargaan ormas bidang Lingkungan Hidup diberikan Kemendagri kepada Pusat Perlindungan Orang Utan.

Bidang Tata Kelola Pemerintahan kepada Indonesia Corruption Watch (ICW).

Penghargaan bidang Penanggulangan Bencana untuk Muhammadiyah Disasster Management Center.

Lalu, penghargaan bidang budaya untuk Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN).

Bidang Pemberdayaan Perempuan, penghargaan diberikan untuk Yayasan Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga.

Kategori Penghargaan Khusus diberikan Kemendagri untuk Gerakan Nasional Anti Narkotika.

Kategori Penghargaan Seumur Hidup diberikan kepada Taman Siswa, Al Irsyad Al Islamiyah, Wanita Katolik RI, dan Ketua Umum Persatuan Islam (Persis).

Sementara untuk kategori Pemda Pembina Ormas Terbaik, penghargaan tingkat Provinsi diberikan kepada Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara. Tingkat Kabupaten; Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Pasuruan, dan tingkat Kota; Kepala Badan Kesbangpol Kota Pasuruan. (rid/tin)
top