suarasurabaya.net

Delapan Kecamatan di Banyuwangi Rawan Puting Beliung
Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 26 November 2018 | 21:31 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi meminta masyarakat yang berada di delapan kecamatan di daerahnya mewaspadai terjadinya angin puting beliung pada musim pancaroba ini.

Eka Muharram Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi mengatakan delapan kecamatan itu meliputi Kecamatan Singgonjuruh, Kabat, Rogojampi, Pesanggaran, Tegaldelomo, Cluring, Srono, Muncar dan Kecamatan Genteng. Kata eka, daerah tersebut rawan terjadi angin puting beliung karena sering terjadi tekanan udara rendah. Sehingga jika terjadi hujan sering sekali disertai angin kencang.

"Potensi angin puting beliung bisa terjadi merata di seluruh kecamatan di Banyuwangi. Karena wilayah Banyuwangi hampir 50 persen dataran yang juga dekat dengan wilayah perairan," jelasnya seperti disampaikan Ben dari Radio Mandala Banyuwangi dalam Jaring Radio Suara Surabaya, Senin (26/11/2018)

Dia juga mengimbau masyarakat untuk tidak sembarang berteduh saat hujan. "Untuk itu masyarakat dihimbau tetap waspada, jika terjadi hujan disertai angin, harap berhati-hati. Harap tidak berlindung di bawah pohon, karena cukup berbahaya," katanya. (dim/ipg)
top