suarasurabaya.net

77 Persen Wilayah Indonesia Sudah Memasuki Musim Hujan
Laporan Ika Suryani Syarief | Senin, 17 Desember 2018 | 18:38 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Hingga 10 Desember 2018, 77,4 persen wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Sedangkan sisanya masih mengalami peralihan musim.

Beberapa wilayah yang sampai saat ini masih mengalami masa peralihan antara lain Lampung, sebagian wilayah Jawa, Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Kalimantan Selatan, Maluku, dan Merauke, tulis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui edaran persnya, Senin (17/12/2018).

BMKG juga memprakirakan pada periode Januari sampai April mendatang, curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia masih masuk kategori menengah hingga tinggi.

Pada periode Mei sampai Juni, curah hujan di sebagian wilayah Indonesia berada dalam kategori rendah hingga menengah, kecuali untuk sebagian wilayah Papua Barat dan Papua.

Peluang curah hujan dengan kriteria tinggi di atas 80 persen untuk periode Januari-April terdapat di wilayah pesisir Barat Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan bagian Timur, Tengah dan Utara, Sulawesi bagian Selatan dan Tenggara, dan sebagian besar wilayah Maluku dan Papua

Sebagian besar wilayah Kalimantan dan Sumatera bagian tengah dan utara diprakirakan akan mengalami puncak musim hujan sejak bulan November hingga Desember.

Sedangkan pada periode Desember 2018 hingga Februari 2019, potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir perlu diwaspadai untuk sebagian wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, NTB, Maluku dan sebagian kecil wilayah Papua.(dim/iss)
top