suarasurabaya.net


Puncak Musim Hujan

BMKG: Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir
Laporan Iping Supingah | Kamis, 03 Januari 2019 | 10:40 WIB

Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Awal tahun 2019, Surabaya dan sekitarnya masih berada di puncak musim hujan. Ini diungkapkan oleh Nur Huda Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Surabaya, Jawa Timur waktu dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (3/1/2019).

Nur Huda menyampaikan cuaca di Surabaya, siang sampai malam hari diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Hujan juga berpotensi disertai angin kencang dan petir.

"Siang, sore, dan malam diprediksi hujan, tapi biasanya sore yang berpotensi angin kencang dan petir," jelasnya.

Kata Nur Huda, masyarakat bisa mewaspadai hujan dan petir dengan melihat peredaran awan. "Bisa dilihat, kalau awan awalnya cerah, biasa saja, kemudian cepat sekali berubah menjadi awan gelap pekat atau awan Cumulonimbus, itu berpotensi hujan disertai petir," jelasnya.

Sementara itu, mengenai prakiraan tiga hari ke depan, Nur Huda mengatakan Surabaya dan sekitarnya masih berada di puncak musim hujan, sehingga hujan berpotensi turun setiap hari.

"Tiga hari ke depan, mungkin sampai Februari ini masih diprakirakan hujan terus," imbuhnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati ketika hujan untuk tidak berada di bawah pohon, karena rawan tumbang. Serta menjaga saluran air tetap lancar agar tidak menyebabkan genangan. (dim/ipg)
top