suarasurabaya.net

Stok Sel Darah Merah Golongan O di PMI Surabaya Menipis
Laporan Agustina Suminar | Sabtu, 16 Maret 2019 | 13:17 WIB

Seorang wanita mendonorkan darahnya di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, Kamis (29/11/2018). Foto: Dok./ Baskoro suarasurabaaya.net
suarasurabaya.net| Stok kantong sel darah merah, khususnya golongan darah O di Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya, pada Sabtu (16/3/2019) menipis. Kekurangan stok darah ini menurut Triksi Hendria Humas Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, sudah terjadi sejak dua hari terakhir.

Menurutnya dalam sepekan terakhir, pendonor yang paling banyak berasal dari golongan darah A dan B.

"Jadi memang selama seminggu ini kebanyakan dari golongan A dan B, sedangkan yang menurun (pendonor, red) golongan darah O, jadi jumlahnya golongan O saat ini sangat menipis," kata Triksi kepada suarasurabaya.net, Sabtu (16/3/2019).

Untuk itu, bagi siapapun yang ingin mendonorkan darahnya dapat langsung mendatangi Kantor PMI Kota Surabaya di Jalan Embong Ploso, yang dibuka hingga pukul 21.00 WIB.


Data stok ketersediaan darah di PMI Surabaya. Foto: Humas PMI Surabaya

"Diimbau kepada masyarakat Kota Surabaya terutama golongan darah O, untuk kesediannya mendonorkan darah guna meningkatkan stok darah golongan O yang saat ini menipis mulai kemarin Sabtu sampai hari ini," imbuh Triksia.

Tidak hanya itu, PMI Kota Surabaya juga mengupayakan strategi "jemput bola" dengan mengadakan posko donor darah di beberapa titik di Surabaya.

Seperti pada Sabtu hari ini, PMI Surabaya mengadakan posko donor darah di Giant Pondok Candra serta di Pasar Atom Surabaya yang dibuka pukul 09.00 hingga 13.00 WIB.

Sedangkan untuk Minggu (17/3/2019) besok, posko donor darah akan ada di Masjid Al Akbar Surabaya pada pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.(tin/ipg)
top