suarasurabaya.net

Hari Air Sedunia, Ajak Pelajar Lihat Proses Pengolahan Air Bersih
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 22 Maret 2019 | 13:35 WIB

Para pelajar menyaksikan proses pengolahan air bersih di PDAM Karangpilang, Surabaya. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Puluhan pelajar dari sejumlah sekolah di Kota Surabaya, Jumat (22/3/2019) diajak menyaksikan proses pengolahan air menjadi air bersih dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia 22 Maret, di instalasi pengolahan air minum Karangpilang, Surabaya.

Mengenakan rompi khusus untuk pengunjung instalasi PDAM Karangpilang, perwakilan pelajar dari SMPN 24, SMPN 16 dan SMPN 28 Surabaya, setelah mendapat penjelasan singkat tentang proses pengolahan air menjadi air bersih, para pelajar langsung melihat prosesnya.

Proses pengambilan air dari aliran sungai, kemudian dimasukkan kedalam sejumlah pipa yang ada di instalasi pengolahan air PDAM Karangpilang, kemudian diproses menjadi air bersih lalu disalurkan kepada pelanggan menjadi bagian utama proses pengolahan air.

Zamroni Direktur Tunas Hijau Indonesia yang mendampingi para pelajar melakukan kunjungan melihat proses pengolahan air, menyampaikan bahwa pelajar perlu melihat dan tahu bagaimana proses pengolahan air menjadi air bersih dilakukan.

"Dengan melihat sendiri bagaimana proses pengolahan air menjadi air bersih mereka para pelajar akan melihat bahwa kebutuhan air bersih tidak lepas dari sumber atau bahan baku air sendiri yang berasal dari aliran sungai. Dan dengan itu para pelajar semakin punya kesadaran untuk tidak membuat aliran sungai menjadi kotor, tercemar," terang Zamroni.

Diharapkan juga dari kunjungan ke instalasi pengolahan air bersih tersebut, lanjut Zamroni, para pelajar sejak dini sudah memiliki kesadaran betapa pentingnya air bersih dan proses yang panjang pengolahannya sehingga tidak sembarangan mengkonsumsi air.

"Tidak sembarangan mengkonsumsi air bersih juga diharapkan muncul dari para pelajar saat mereka melihat sendiri dari dekat bagaimana proses pengolahan air bersih dilakukan di instalasi seperti Krangpilang ini. Ini juga penting dipahami para pelajar sejak dini," tegas Zamroni.

Tema peringatan Hari Air Sedunia 2019 adalah: Water for All, Leaving No One Behind dan di Kota Surabaya sejulah pelajar memperingatinya dengan kunjungan ke instalasi penjernihan air PDAM Karangpilang, Surabaya.

Selain itu, kegiatan yang dijadwalkan melibatkan sekurangnya 60 sekolah dan digelar selama sekitar sepekan mulai Jumat (22/3/2019) diwarnai aksi bersih sungai, bersih saluran air, pembuatan biopori, penanaman bibit tanaman, serta pengolahan sampah.(tok/rst)
top