suarasurabaya.net

Taruna-Taruni Latsitarda Menerima Tanda dan Alat Kerja dari Panglima TNI
Laporan Denza Perdana | Senin, 01 April 2019 | 10:50 WIB

Ratusan taruna-taruni dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut, Akademi Kepolisian dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri mengikuti upacara di Gedung Negara Grahadi, Senin (1/4/2019). Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Ratusan taruna-taruni dari Akademi Militer, Akademi Angkatan Udara, Akademi Angkatan Laut, Akademi Kepolisian dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri mengikuti upacara di Gedung Negara Grahadi, Senin (1/4/2019).

Para peserta upacara ini terbagi menjadi empat satuan pelaksana latihan. Antara lain Satuan Pelaksana Macan, Satlak Hiu, Satlak Elang dan Satlak Kijang.

Rangkaian upacara ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tidak ada pengibaran bendera seperti upacara pada umumnya.

Kemudian, Komandan Upacara melaporkan kesiapan pasukan kepada Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI selaku inspektur upacara.

Komandan juga melaporkan, pasukan siap diperiksa dilanjutkan Inspektur upacara berkeliling lapangan untuk memeriksa pasukan.

Empat perwakilan peserta dari masing-masing akademi kemudian menerima tanda dan alat kerja dari Panglima TNI sebagai simbol dimulainya pelatihan ini.

Marsekal Hadi membuka Latsitarda Nusantara ke-39 ini dengan membunyikan sirine.

Saat menyampaikan amanah upacara, Hadi Tjahjanto selaku Panglima TNI berpesan agar peserta Latsitarda Nusantara memanfaatkan latihan ini sebaik-baiknya.

Peserta harus menjaga kearifan lokal budaya selama melakukan latihan di masing-masing daerah dan mematuhi setiap petunjuk dari pembina.

Para peserta ini akan mengikuti kegiatan di empat kabupaten di Jawa Timur dibagi berdasarkan satuan latihan selama kurang lebih dua minggu.

Satlak Macan akan bertugas di Jember, Satlak Hiu di Bojonegoro, Satlak Elang di Trenggalek dan Satlak Kijang di Pamekasan.

Mereka akan melakukan berbagai kegiatan fisik seperti pembangunan saluran air,
pengaspalan jalan, tower air dan tempat wudhu.

Selain itu, mereka juga akan melakukan kegiatan non fisik. Seperti bakti sosial, donor darah, penanaman nilai juang kepada satpam dan hansip serta latihan Peraturan Baris-Berbaris.

Tujuan dari kegiatan ini agar para taruna mampu berinteraksi dengan masyarakat sehingga kelak mereka menjadi perwira yang bisa bekerja sama melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Sesuai jadwal, Jenderal Polisi Tito Karnavian Kapolri juga menghadiri acara ini.
Acara ini juga diikuti Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Saat ini upacara telah selesai. Taruna Taruni ini akan mengikuti parade atau kirab Latsitarda Nusantara 2019 dari Gedung Negara Grahadi ke Balai Kota Surabaya. (den/dwi/rst)
top