suarasurabaya.net

Gempa Mengguncang Sumenep, Ini Upaya Gubernur Jatim
Laporan Anggi Widya Permani | Selasa, 02 April 2019 | 18:41 WIB

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Sejumlah bangunan di Pulau Raas, Sumenep, rusak akibat gempa berkekuatan 5.0 SR yang mengguncang wilayah itu, Selasa (2/4/2019) pagi. Bahkan, satu orang dilaporkan mengalami luka ringan akibat tertimpa material bangunan yang runtuh.

Menanggapi hal itu, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim mengaku telah membicarakan hal itu dengan BPBD Provinsi Jatim agar cepat tanggap mengevakuasi korban. Selain itu juga terus melakukan update perkembangan dan penanganan tanggap bencana di wilayah tersebut.

"Sudah koordinasi dengan kepala BPBD dan pak Sekretaris Daerah. Hanya satu orang yang tadi dibawa ke rumah sakit atau Puskesmas. Saya tadi lihat difotonya sudah diinfus," kata Khofifah di Universitas Wijaya Kusuma, Surabaya, Selasa (2/4/2019).

Khofifah akan memonitoring keadaan di Sumenep dan memastikan masyarakat yang terdampak mendapatkan bantuan, baik layanan kesehatan maupun untuk layanan yang lainnya.

Terkait sejumlah bangunan yang rusak akibat gempa, Mantan Menteri Sosial ini mengaku masih melakukan pendataan. Kerusakan bangunan akan dibantu oleh pemerintah provinsi sesuai dengan SOP.

"Kerusakan bangunan kita akan melihat kerusakan di tingkat seperti apa. Untuk Indonesia, termasuk Jatim, ada SOPnya. Pemerintah bisa memberikan konversi seperti apa dan berapa. Tapi dilihat dulu tingkat kerusakannya apakah berat, sedang, atau ringan," jelasnya.(ang/iss/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Gempa 5 SR Terjadi di Tenggara Sumenep dan Satu Kali Gempa Susulan
  • 2 Kali Gempa Susulan di Sumenep, Dirasakan Hingga Bali
  • top