suarasurabaya.net

Polda Jatim Pertebal Pengamanan Pemilu di Tiga Daerah
Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 15 April 2019 | 12:59 WIB

Irjen Pol. Luki Hermawan Kapolda Jatim dan Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi Pangdam V/Brawijaya saat apel pergeseran pasukan di lapangan Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (15/4/2019). Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Polda Jatim menggeser sebanyak 1.116 personel ke 6 Polres di wilayah Madura, Tapal Kuda, dan Mataraman untuk mempertebal pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) di hari pencoblosan, Rabu 17 April 2019.

Keenam Polres yang dimaksud yakni Polres Ngawi, Polres Jember, Polres Bangkalan, Polres Sampang, Polres Pamekasan, dan Polres Sumenep.

Irjen Pol. Luki Hermawan Kapolda Jatim usai memimpin apel pergeseran pasukan di lapangan Mapolda Jatim, Surabaya, Senin (15/4/2019) mengatakan, seluruh personel yang terlibat pengamanan Pemilu 2019 agar selalu waspada terhadap pihak-pihak tertentu yang dapat mengganggu jalannya pesta demokrasi di wilayah Jatim.

"Kami juga menyiapkan sebanyak 4 satuan setingkat kompi (SSK) Dit Smapta, 13 SSK Sat Brimob, dan juga 4 SSK Brimob yang dikirim dari Jakarta (Mabes Polri)" kata Luki.



Luki juga meminta setiap personel agar mampu menjalin sinergitas dan koordinasi yang baik dengan instansi terkait. Para personel yang bertugas juga diingkatkan untuk mampu mendeteksi sedini mungkin potensi kerawanan, agar lebih mudah menangkal setiap gangguan.

Luki pun meminta para jajarannya untuk bisa melaksanakan tugas pengamanan dengan baik, dan selalu menjunjung tinggi profesionalitas. Menurutnya, yang tidak kalah pentingnya adalah agar para personel selalu memegang teguh komitmen netralitas, tanpa memihak golongan tertentu.

"Lakukan penegakan hukum secara tegas tapi tetap humanis. Ingat, selalu menjunjung tinggi HAM, dan hindari tindakan arogan. Serta laksanakan pengamanan dengan penuh kesiapasiagaan, sungguh-sungguh, dan ikhlas," ujar Luki.

Sementara itu, Mayjen TNI R. Wisnoe Prasetja Boedi Pangdam V/Brawijaya dalam Pemilu 2019 kali ini, pihaknya menerjunkan 17.650 pasukan dari Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.



"TNI sifatnya bantuan ke Polda. Seluruh ada 17.650 AD, AL dan AU. Kita geser untuk on call di Kodim ada satu SSK tapi penggerakan dari Polres," katanya.

Sebelumnya, sebanyak 26.827 personel gabungan dari Polri, TNI hingga Linmas diterjunkan dalam "Operasi Mantap Brata Semeru" untuk pengamanan Pemilu 2019 di Jawa Timur. (bid/rst)
top