suarasurabaya.net

PSU di Hari Kerja Diduga Turunkan Partisipasi Pemilih di Rungkut Menanggal
Laporan Anggi Widya Permani | Sabtu, 27 April 2019 | 14:34 WIB

Penghitungan suara pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 28 Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, Sabtu (27/4/2019). Partisipasi pemilih pada PSU menurun dibandingkan coblosan pada 17 April lalu. Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Partisipasi pemilih pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 28 Kelurahan Rungkut Menanggal, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, menurun dibandingkan sebelumnya. Tingkat partisipasi masyarakat pada PSU ini hanya sekitar 64 persen.

Syamsul Anam Ketua PPS Rungkut Menanggal mengatakan, angka itu tidak setinggi pada pemungutan 17 April lalu yang mencapai 77 persen atau 215 pemilih. Pada PSU ini, jumlah pemilih baik DPT dan DPK tercatat hanya 178 orang.

"Di TPS 28, ada 269 warga yang masuk DPT dan 9 DPK. Total ada 278. Namun pada PSU ini menurun, kalau kemarin ada 215 pemilih, sekarang hanya 178 pemilih," kata Syamsul, Sabtu (27/4/2019).

Pelaksanaan PSU pada hari aktif bekerja, diduga mempengaruhi partisipasi masyarakat. Syamsul mengatakan, sebagian besar warganya tidak bisa menggunakan hak pilihnya lantaran sedang bekerja.

"Kami tidak tahu pasti kenapa menurun. Tapi memang, keterangan sebagian besar karena beraktivitas atau bekerja. Saat kami menyebarkan C6 itu juga sulit ketemu karena mereka beraktivitas," kata dia.

Setelah pemungutan suara berakhir pada pukul 13.00 WIB, petugas melakukan kroscek absensi dengan surat suara. Kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara dengan urutan pemilihan presiden, DPR RI, DPD, dan DPRD Jatim.

Hingga berita ini dimuat, penghitungan suara untuk pemilihan presiden masih berlangsung. Diperkirakan penghitungan untuk Pilpres ini akan memakan waktu sekitar setengah jam. Untuk secara keseluruhan, penghitungan suara ditargetkan selesai sebelum pukul 21.00 WIB. (ang)
top