suarasurabaya.net

Seniman THR Bakal Dipertemukan dengan Disbudpar Surabaya
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 17 Mei 2019 | 19:36 WIB

Seniman THR Surabaya saat mengegalr aksi demo di DPRD Surabaya, Jumat (17/5/2019). Foto: Totok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Seniman tradisional Taman Hiburan Rakyat (THR) yang Jumat (17/5/2019) berdemo di DPRD Surabaya mendapat kepastian bakal bertemu dengan Disbudpar Surabaya guna memperjuangkan keberadaan serta nasib kesenian tradisional yang mereka geluti.

Meimura sutradara Ludruk yang hadir pada pertemuan dengan Armuji Ketua DPRD Surabaya dengan perwakilan seniman THR Surabaya, menyampaikan bahwa para seniman akan difasilitasi untuk bertemu dengan Disbudpar Surabaya.

"Nanti akan ada pertemuan lebih lanjut antara seniman dengan Disbudpar Surabaya. Akan dibahas persoalan-persoalan yangsedang dialami seniman. Termasuk soal pengambilan perangkat gamelan yang biasa dipakai para seniman untuk berlatih sekaligus untuk menggelar pertunjukan di gedung kesenian THR Surabaya," terang Meimura.

Seniman yang sebagian besar adalah seniman tradisional tersebut lanjut Meimura, masih tetap ingin beraktualisasi dan berkesenian di gedung kesenian yang ada di THR Surabaya tersebut.

Oleh karena itu, para seniman tidak ingin diteror-teror lagi, dengan mematikan listrik untuk penerangan diskeitar gedung kesenian maupun didalam gedung kesenian, yang berdampak pada keengganan masyarakat hadir menyaksikan pementasan-pementasan seni tradisional.

"Seniman pada intinya masih tetap ingin beraktualisasi di gedung kesenian di THR. Harapannya pemerintah kota Surabaya tetap memperhatikan keberadaan para seniman tradisional ini. Makanya nanti kita tunggu bagaimana pertemuan selanjutnya," kata Meimura.

Seperti diberitakan sebelumnya, puluhan seniman tradisional yang berad adi THR Surabaya, Jumat (17/5/2019) mendatangi DPRD Surabaya dan melakukan demo. Seniman menuntut pengembalian perangkat Gamelan, sekaligus menuntut kejelasan tentang bagaimana nasib mereka sebagai seniman sekaligus pelestari seni tradisional.(tok/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Minta Perangkat Gamelan Dikembalikan, Seniman THR Demo DPRD Surabaya
  • top