suarasurabaya.net

PLN Jatim Siap Amankan Pasokan Listrik Selama Lebaran
Laporan Zumrotul Abidin | Senin, 20 Mei 2019 | 19:21 WIB

Alam Awaludin Senior Manajer Distribusi PLN Induk Jatim. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Timur (Jatim) menegaskan kesiapannya mengawal pasokan listrik selama lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah. PLN Distribusi Jatim juga menyiapkan personelnya hingga pulau terluar untuk menjaga stabilitas pasokan listrik.

Alam Awaludin Senior Manajer Distribusi PLN Induk Jatim memastikan pasokan kebutuhan listrik selama Ramadhan dan Lebaran surplus. Bahkan, PLN telah mengirim ke Bali 340 Megawatt (MW) dan berikutnya ke Jawa Tengah.

"Untuk Jatim sangat cukup stoknya," ujar Alam Awaludin dalam konferensi pers, Senin (20/5/2019).

Alam mengatakan, selama bulan Ramadhan 1440 Hijriah ini, beban puncak mencapai 5700 MW, tapi biasanya kalau Lebaran turun drastis hingga 3700 MW. "Banyak sekali cadangannya, kami tidak kawatir pasokannya," katanya.

Alam mengatakan, pihaknya telah menyiagakan petugas di 114 Unit Layanan Pelanggan (ULP) sebanyak 1388 personel yang menyebar dibagi tiga shift.

"Khusus hari H (Lebaran) kebutuhan listrik di masjid-masjid yang melaksanakan Shalat Id diprioritaskan," katanya.

Ribuan personel ini dilengkapi peralatan pendukung, dan cadangan material yang biasanya sering terganggu disipakan di unit terdekat.

"Kami sudah apel siaga. Cadangan trafo dan material yang biasanya terganggu kami siapkan di beberapa unit terdekat," katanya.

Alam mengatakan, PLN juga menyiapkan personel di 8 pulau terlua di Jatim. Karena di pulau terluar dominasi pembangkit listrik tenaga deasel maka disiapkan cadangan BBM yang mencukupi.

"Di 8 pulau kami siapkan personel di sana. Di sana PLT Diesel, jadi kami siapkan BBM-nya, mudah-mudahan aman," katanya. (bid/tin)
top