suarasurabaya.net

Pamerkan Produk 19 Brand Startup, UK Petra Gelar Cre-Mart
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 24 Mei 2019 | 13:48 WIB

flyer
suarasurabaya.net| Sejumlah 131 mahasiswa program studi Desain Interior Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, mulai Jumat (24/5/2019) menghadirkan pameran bertajuk: Cre-Mart. Memamerkan sekurangnya 19 startup baru dengan berbagai produk yang dihasilkan.

Para mahasiswa yang menghasilkan 19 brand startup baru ini menghadirkan berbagai produk. Diantaranya, berupa aksesoris interior multifungsi dengan fashion, aksesoris interior, furniture dengan recycle material, kitchenware dengan kearifan lokal dan lighting design dengan menggunakan material pipa paralon.

Sebelum menggelar pameran dan menghasilkan produk-produk, para mahasiswa melakukan survey ke 19 UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada agar produk yang dihasilkan nantinya diharapkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing UMKM tersebut.

Secara berkelompok yang terdiri dari masing-masing dengan 5 orang mahasiswa atau 6 orang mahasiswa, kelompok-kelompok ini kemudian melakukan survey dan pendalaman tentang produk yang akan mereka hasilkan dengan tidak meninggalkan UMKM yang sudah ada sebelumnya.

Dari survey, pengkajian serta pendalaman yang dilakukan masing-masing kelompok ada masing-masing UMKM yang dituju, kemudian masing-masing kelompok menghasilkan produk atau karya-karya baru. Seperti misalnya, dari recycle material adalah produk Kursita, Bakuls (Batik, Kulit, Plastik) dan Artic.

Kursita adalah produk mendaur ulang sampah dari tutup botol plastik yang dipanaskan sedemikian rupa sehingga menjadi lempengan-lempengan sebagai bahan yang dipakai dan dikreasikan sebagai bahan untuk produk Kursi.

"Kami gunakan 11 warna tutup botol yang kemudian kami panaskan dan bentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan 3 warna yang baru, unik, sekaligus menarik untuk dijadikan beberapa jenis barang. Satu diantaranya untuk membuat Kursi," terang Gabriella Natalie ketua kelompok Kursita.

Sedangkan Bakuls, menghasilkan tas yang dapat dijadikan pot dan lampu sebagai elemen dekoratif dalam sebuah ruangan. Dan Artic adalah merupakan produk home accessories yang menggunakan bahan material limbah. Seperti limbah plastik, kertas, kain serta bahan daur ulang yang diproses dan didesain untuk handphone, tablet stand dan clothes hangers.

Ditemui ditempat berbeda, Dr. Yusita Kusumarini S.Sn., M.Ds., bersama Mariana Wibowo S.Sn., M.Mt., keduanya dosen pengampu mata kuliah dan dosen progdi Desain Interior mengungkapkan bahwa mahasiswa memang diminta membantu UMKM di sekitar Kota Surabaya.

"Produk yang dipamerkan ini merupakan project dari gabungan dua kelas mata kuliah yaitu creativepreneurship dengan metode service learning. Dan mahasiswa memang diminta untuk membantu UMKM menghasilkan produk baru yang kreatif, inovatif dan berdaya jual tinggi," terang Dr. Yusita Kusumarini, S.Sn., M.Ds., Jumat (24/5/2019).

Karya produk mahasiswa prodi Desain Interior Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya dalam pameran Cre-Mart digelar di Bazaar X Project, Convention Hall Tunungan Plaza 3 yang dijadwalkan berakhir Minggu (26/5/2019).(tok/rst)
top