suarasurabaya.net

Pakai Aplikasi e-SIM, Pemohon di Surabaya Tak Perlu Lagi Antre
Laporan Anggi Widya Permani | Jumat, 24 Mei 2019 | 19:25 WIB

Petugas Satlantas Polrestabes Surabaya menunjukkan aplikasi e-SIM untuk memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan Surat Izin Mengemudi, Jumat (24/5/2019). Foto: Anggi suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Satlantas Polrestabes Surabaya meluncurkan aplikasi e-SIM untuk memudahkan masyarakat dalam hal pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM). Tidak hanya melakukan pendaftaran, layanan berbasis online ini juga bisa digunakan untuk perpanjang SIM.

AKBP Eva Guna Pandia Kasatlantas Polrestabes Surabaya menjelaskan, aplikasi e-SIM ini memuat berbagai macam fitur seputar layanan SIM. Misalnya saja dengan fitur pendaftaran online, pemohon tidak perlu lagi mengisi form pendaftaran secara manual.

Cukup memasukkan data diri sesuai identitasnya secara online. Setelah selesai, pemohon akan menerima balasan melalui email. Bukti registrasi itulah yang nantinya ditunjukkan kepada petugas di loket khusus layanan SIM online.

"Dengan begitu, pemohon bisa langsung lanjut ke prosedur berikutnya yaitu ujian teori dan ujian praktiknya. Dalam hal ini, pemohon tidak perlu lagi mengantre untuk melakukan pendaftaran. Begitu juga dengan perpanjang SIM," kata Pandia, Jumat (24/5/2019).

Fitur lainnya, kata dia, masyarakat juga bisa mempelajari contoh-contoh soal ujian SIM. Pandia menjelaskan, soal-soal ini bisa dijadikan referensi masyarakat sebelum mengikuti tes teori. Selain itu, juga menambah wawasan masyarakat terkait ketertiban berlalu lintas.

"Semacam kisi-kisi ya. Biar masyarakat punya pandangan kira-kira nanti tes teori itu bagaimana. Sekaligus jadi wawasan untuk masyarakat soal lalu lintas itu bagaimana," kata dia.

Pandia mengungkapkan, aplikasi ini juga memuat fitur pengecekan keabsahan SIM. Ini dibuat untuk mengecek keaslian SIM. Sebab, selama ini petugas kepolisian sering menemukan kasus SIM palsu. Dengan aplikasi e-SIM ini, tindakan pemalsuan SIM menurutnya bisa diminimalisir.

"Kami tinggal mengetik nomor SIMnya atau nomor induk KTP atau nama lengkap akan muncul," kata dia.

Pandia menambahkan, keunggulan aplikasi itu juga bisa dimanfaatkan oleh komunitas atau sekolah. Dalam hal ini, petugas akan datang untuk memberikan ujian teori.

"Contoh ada perguruan tinggi, tinggal kontak kami. Pak, saya mau ujian hari ini, petugas kami nanti yang akan ke sana. Jadi mereka bisa mendapatkan layanan ujian teori di manapun dan kapanpun," kata dia. (ang/tin/ipg)
top