suarasurabaya.net

Libur Sekolah, Melongok Aktivitas di Rumah Sakit RKZ
Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 25 Juni 2019 | 15:00 WIB

Satu di antara kegiatan hospital tour diikuti puluhan pelajar SD di RKZ Surabaya. Foto: Humas RKZ Surabaya
suarasurabaya.net| Berbagai aktivitas dilakukan mengisi liburan sekolah, dan Selasa (25/6/2019) puluhan pelajar setingkat sekolah dasar, datang ke rumah sakit RKZ Jl. Raya Diponegoro, Surabaya. Mereka tidak sedang berobat, tetapi melihat langsung dari dekat aktivitas dan kesibukan di rumah sakit itu.

Para pelajar sekolah dasar beberapa sekolah di Kota Surabaya ini mengikuti kegiatan: Happy Fun Day with RKZ Surabaya yang selalu digelar saat sekolah meliburkan siswanya. Kegiatan mengunjungi sejumlah tempat di rumah sakit dengan aktivitas padat di RKZ Surabaya.

dr Agung Kurniawan Saputra, MARS., Kepala Bidang (Kabid) Hospital Development & Relation RKZ Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan rutin kali ini memang mengundang pelajar setingkat sekolah dasar untuk mengenal dan melihat kegiatan di beberapa bagian rumah sakit.

"Meskipun kegiatan berlangsung di rumah sakit, tentunya kami juga tetap menjaga keamanan dan keselamatan anak-anak ini. Selain melihat dari dekat aktivitas keseharian di rumah sakit, di bagian akhir mereka diajak naik Ambulans," terang dr Agung.

Pada kegiatan seperti ini, lanjut Agung, setidaknya anak-anak diberikan pengalaman positif tentang rumah sakit dengan segala kegiatan dan aktivitasnya. Rumah sakit tidak sekedar jadi tempat berobat saja, tetapi juga dilakukan pertolongan kepada masyarakat yang sedang sakit dan membutuhkan pertolongan.

"Hospital tour seperti ini, mengajak anak-anak melihat sendiri bagaimana sebenanrnya aktivitas rumah sakit. Selain menjadi tujuan masyarakat untuk berobat, rumah sakit juga menjadi tempat pertolongan pada masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan, serta pelayanan. Ini mereka lihat langsung," tambah Agung.

Sekurangnya 18 anak-anak usia antara 11 tahun dan 12 tahun diajak berkeliling beberapa bagian rumah sakit, kemudian ikut melakukan beberapa kegiatan seperti yang dikerjakan para perawat atau suster saat bekerja.

Ketika berada di bagian perawatan, anak-anak ini mencoba untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban kecelakaan. Satu diantara peserta berperan menjadi korban kecelakaan, sedangkan yang lainnya menjadi perawat.

Suasana riang gembira mewarnai kegiatan yang menarik perhatian para suster, perawat serta beberapa dokter yang kebetulan sedang bertugas. Dan pada bagian akhir dari seluruh rangkaian kegiatan hospital tour kali ini, para peserta diajak naik Ambulans.(tok/ipg)
top