suarasurabaya.net

PENS Tuan Rumah Monev PKM
Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 26 Juni 2019 | 19:43 WIB

Kegiatan expo dalam rangka monev eksternal PKM di PENS. Foto: Humas PENS
suarasurabaya.net| Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali didapuk sebagai tuan rumah penyelenggara monitoring dan evaluasi (monev) eksternal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digagas oleh Kemenristekdikti.

Acara tersebut dijadwalkan berlangsung pada Rabu (26/6/2019) sampai Kamis (27/6/2019) yang digelar di Gedung Pascasarjana PENS.

Terdapat sekurangnya 87 tim PKM peserta monev, 37 tim dari PENS dan 50 tim dari 9 perguruan tinggi lainnya yang ada di Surabaya.

Tahun ini dihadirkan tim reviewer dari Kemenristekdikti, yakni Dr. Tendy Yulisca Ramadin dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ir. I Wayan Budiastra dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Jazuli, M.Eng., dari Universitas Dian Nuswantoro, dan Dr. Ir. I Ketut Sardiana dari Universitas Udayana.

Seluruh tim PKM harus mempresentasikan produk inovasi yang telah mereka buat di hadapan para reviewer.

Nilai yang mereka dapatkan akan menentukan apakah mereka layak untuk melenggang di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2019.

Selain presentasi, tim PKM dari PENS juga diwajibkan untuk memamerkan produknya dalam acara Expo PKM 2019, diantaranya: EFRISA (EEPIS Flying Robot for Indonesia), SISTA CANA (Sistem Penaksir Kerugian Wilayah Pascabencana Berbasis Komputer Vision), Penerapan Smart Greenhouse pada Budidaya Tanaman Holtikultura, dan RATU TANI (Rancang Bangun Turret Gun untuk Pertanian Bebas Bahan Kimia).

"Acara expo diselenggarakan sebagai salah satu upaya kami untuk memotivasi para peserta agar selalu menampilkan hasil terbaik. Kami juga berharap tim PKM PENS dapat melaju ke PIMNAS dan meraih hasil yang gemilang," pungkas Ir. Anang Budikarso, M.T., Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan PENS, Rabu (26/6/2019).(tok/dwi)
top