suarasurabaya.net

Unusa dan Pemkab Lamongan MoU Bidang Kesehatan
Laporan J. Totok Sumarno | Selasa, 09 Juli 2019 | 19:14 WIB

Usai penandatanganan MoU antara Unusa bersama Pemkab Lamongan di bidang kesehatan. Foto: Humas Unusa
suarasurabaya.net| Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) gandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan di bidang kesehatan khususnya di Fakultas Kedokteran Unusa, Selasa (9/7/2019).

Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) menyampaikan tahun lalu Unusa telah membuka Program Profesi Dokter. Setelah melakukan pendidikan klinis di rumah sakit, ke depannya dokter muda Unusa akan melakukan praktik pengimplementasian di masyarakat.

Kompetensi yang didapatkan Dokter Muda akan diterapkan di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lamongan.

"Dokter muda masih harus melalui beberapa tahapan lagi sebelum benar-benar menjadi dokter yang professional. Satu diantaranya praktik atau magang di Puskesmas. Dokter muda juga wajib mempersiapkan diri uji kompetensi nasional. Karena di Indonesia sendiri banyak dokter muda yang belum lulus dalam tahapan uji kompetensi sehingga belum bisa untuk melangkah dalam tahap praktik real di masyarakat," terang Jazidie.

Semoga, lanjut Jazidie ketika para dokter muda Unusa magang di Puskesmas yang ada di Kabupaten Lamongan dapat memberikan keberkahan bagi seluruh warga Kabupaten Lamongan. Selain itu, melatih keterampilan dalam pelayanan di masyarakat.

"Para dokter muda dianjurkan untuk memanfaatkan waktu dengan maksimal di tempat magang ini, karena sangat berguna untuk melatih kesiapan dokter muda melangkah ke jenjang berikutnya. Karena semakin banyak dalam menghadapi berbagai macam kondisi pasien, maka semakin banyak pengetahuan mengenai bagaimana cara penyembuhan dan juga cara menghadapi pasien," kata Jazidie.

Sementara itu ditambahkan Fadeli Bupati Lamongan menyampaikan bahwa kedepan nanti akan ada kerjasama di bidang lainnya seperti bidang pendidikan, teknologi dan ekonomi pun harus digarap Unusa pula, karena di Unusa juga memiliki berbagai fakultas di sana.

"Adanya para dokter muda di Puskesmas di seluruh Kabupaten Lamongan akan membantu pelayanan di Puskesmas. Saat ini Kabupaten Lamongan memiliki 33 Puskesmas. Puskesmas tersebut siap ditempati dokter muda Unusa dan di sana memiliki berbagai program inovasi di bidang pelayanan," ujar Fadeli.

Pentingnya kolaborasi antara Perguruan Tinggi (PT) dengan Pemerintah Kabupaten, lanjut Fadeli untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Pemkab Lamongan memiliki motto di bidang kesehatan, yaitu melakukan penangganan kesehatan melalui Promotif dan Preventif.

"Tentunya MoU antara Pamkab Lamongan dengan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) ini sangat membantu kami untuk memenuhi kebutuhan SDM di bidang Kesehatan, khususnya di Puskesmas," pungkas Fadeli, Selasa (9/7/2019).(tok/ipg)
top