suarasurabaya.net

International Comic-Con 2019 di California Dipenuhi Pengunjung Lebih dari 30 Negara
Laporan Agustina Suminar | Jumat, 19 Juli 2019 | 12:57 WIB

Para cosplayer yang mengunjungi festival tahunan International Comic-Con 2019. Foto: hellotravel.com
suarasurabaya.net| San Diego Convention Center seperti lautan manusia sejak dibukanya festival International Comic-Con 2019, Kamis (18/7/2019), di California, Amerika Serikat.

Tepat pada tahun ini, event tahunan tempat berkumpulkan pada pecinta komik dan pop culture ini telah memasuki penyelenggaraan yang ke-50. Tidak heran meski bukan di akhir pekan, acara ini sudah dipenuhi pengunjung lebih dari 30 negara dari penjuru dunia.

Dhania Iman reporter VOA Indonesia melaporkan, lebih dari 130 ribu pengunjung datang di hari pertama. Tidak hanya dari mereka yang penggemar komik, tapi juga segala hiburan budaya pop seperti film, serial televisi dan merchandise. Bahkan tidak sedikit dari pengunjung yang datang dengan menggunakan beragam cosplay.

"Hari ini sudah keliatan yang pakai kostum Batman, Harlequin hingga Thanos. Jadi diperkirakan pada Sabtu-Minggu besok makin banyak. Apalagi mereka tidak asal membeli, tapi membuat sendiri hingga berbulan-bulan lamanya," kata Dhania yang melaporkan langsung dari San Diego kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (19/7/2019).

Kebanyakan pengunjung yang datang di Comic-Con ini menunggu trailer film terbaru apa yang akan dikeluarkan, mengingat Marvel Studios sedang menggarap film Black Widow dan akan meluncurkan trailer dalam waktu dekat.

Lebih menariknya lagi, dalam panel diskusi kali ini, Marvel juga akan mendatangkan para pemain Avengers: Endgame. Dalam diskusi kali ini, pengunjung dapat berdiskusi dan bertanya langsung kepada para pemain tentang film maupun komik.

Meski begitu, Comic-Con menyelenggarakan format acara yang berbeda tiap harinya. Mulai dari panel-panel diskusi, pelatihan untuk para komikus dalam bentuk workshop dan penayangan trailer-trailer film terbaru.

"Satu trailer yang dirilis secara eksklusif kemarin adalah IT Chapter 2, bagus review-review-nya karena menurut pengunjung trailernya sangat menegangkan. Film ini juga sudah ditunggu-tunggu bagi mereka pecinta film horor," tambah Dhania.

Apalagi para pengunjung juga menantikan serial televisi apa lagi yang akan dirilis setelah serial Game of Thrones yang diproduseri HBO selama 8 musim dan menayangkan lebih dari 73 episode, menjaring penonton yang sangat banyak.

Namun ia mengatakan, tidak ada perbedaan spesifik penyelenggaraan Comic-Con 2019 dengan tahun sebelumnya. Hanya saja, acara tahunan ke-50 ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi komikus atas pencapaiannya selama ini. Saat digelar pertama kali di tahun 1970-an yang hanya didatangi oleh segelintir orang, saat ini Comic-Con menjadi acara tahunan yang paling ditunggu oleh pecinta komik di seluruh dunia.

"Di titik puncak dari tahun 1970-an yang awalnya perkumpulan komikus kecil dan didatangi segelintir orang, sekarang bisa sebesar ini. Jadi seakan menjadi pencapaian tersendiri dan pengakuan di dunia komik semakin besar," ujar Dhania.

Ia juga menurutkan, Comic-Con kali ini tidak membawa campaign apapun dan hanya murni hiburan. Dalam acara ini, pengunjung dapat bertemu dengan komikus legendaris yang mewakili Marvel Comics dan DC Comics sekaligus memberikan pendidikan komik.(tin/dwi)
top