suarasurabaya.net

Mobil Formula Tenaga Listrik Ciptaan Mahasiswa ITS Akan Melaju di Jepang
Laporan Agung Hari Baskoro | Kamis, 08 Agustus 2019 | 13:58 WIB

Mobil formula bertenaga listrik ciptaan mahasiswa ITS akan melaju di kompetisi balap formula tingkat mahasiswa di Jepang pada 25 Agustus mendatang. Foto: Baskoro suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Mobil formula bertenaga listrik ciptaan mahasiswa ITS akan melaju di kompetisi balap formula tingkat mahasiswa di Jepang pada 25 Agustus mendatang.

Mobil formula elektrik ini diklaim ITS sepenuhnya diciptakan menggunakan komponen-komponen dari Indonesia, khususnya ITS. Alif Winarta Pembimbing Tim Anargya Formula EV Mark 1.0 mengatakan, mobil ini diciptakan dari karbon fiber yang dibuat sendiri oleh mahasiswa ITS. Sedangkan untuk motor dan controller dibuat langsung oleh peneliti-peneliti di ITS.

"Motor dan controllernya itu mampu sampai 60 HP. Tapi kita akan lihat disana, ada sirkuit yang harus ditempuh, apakah kita perlu sebesar itu, kita akan lihat. Pengunaan baterai, jenisnya lithium polymer, lithium polymer yang kita pakai memiliki discharge rate tinggi, jadi disaat awal, di awal bisa ditarok hingga 10-20 C. Itu dia artinya bisa menghasilkan power besar di awal," ujar Alif pada Kamis (8/8/2019).

Alif mengatakan, mahasiswa ITS membutuhkan waktu 7 bulan untuk menyelesaikan mobil formula ini. Ia juga mengatakan, proyek pembuatan mobil ini sebenarnya bukan yang pertama kalinya. Tahun lalu, mereka juga telah menbuat sebuah mobil formula seperti ini.

"Tahun lalu, sudah pernah bikin juga. Tapi komponennya berbeda, tahun ini kita bisa dapat hasil lebih baik. Tapi motor dan kontrollernya belum menggunakan buatan ITS. Sekarang sudah mampu," katanya.

Di sisi lain, Mochmad Ashari Rektor ITS berharap, mobil bertajuk Anargya ini mampu mengharumkan nama Indonesia di kompetisi internasional di negeri sakura tersebut.

"Target, mohon doa restu, diberikan kesehatan, kelancaran, seluruh tim ITS bisa mengharumkam nama Indonesia bisa membawa juara satu. Atau gold medal," pungkasnya. (bas/dwi)
top