suarasurabaya.net

Latih Logika, UK Petra Surabaya Gelar IRGL 2019
Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 10 Agustus 2019 | 18:46 WIB

Para peserta IRGL 2019 yang digelar Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra Surabaya
suarasurabaya.net| Ajak pelajar SMA gali potensi logika, Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya gelar Informatics Rally Games and Logics (IRGL), final pada Minggu (11/8/2019).

Gali potensi berlogika siswa SMA, program studi Informatika dan Program Sistem Informasi Bisnis (SIB) UK Petra gelar IRGL (Informatics Rally Games and Logics) mulai 9 Agustus sampai 11 Agustus 2019 di UK Petra dan Atrium Pakuwon Trade Center (PTC).

Kegiatan tahunan berupa lomba rally permainan logika yang diikuti siswa SMA se Indonesia ini dikemas dengan tema Crisis On Earth. "Ada 160 siswa SMA yang tergabung menjadi beberapa kelompok melakukan rally permainan dan logika," terang Daniel Ketua IRGL 2019.

Tentang konsep lomba ini, Daniel menjelaskan bahwa pada setiap games yang digelar dan diikuti peserta akan ada poin-poin yang wajib dikumpulkan muai dari tahap awal atau tahap babak penyisihan.

"Konsepnya peserta harus mengumpulkan poin pada setiap pos yang tersedia. Para peserta harus melalui tiga tahapan mulai babak penyisihan, semi final dan final. Tiap kelompok beranggotakan 3 orang," papar Daniel.

Para peserta, lanjut Daniel akan bermain game yang dibuat sendiri oleh mahasiswa Prodi Informatika dan SIB UK Petra.

Babak penyisihan mulai dilaksanakan Jumat (9/8/2019) yang di gelar di kampus UK Petra dengan memainkan game bernama Puzzling Adventure. Game ini mengharuskan peserta menyelesaikan rintangan yang membangun logika untuk kemudian menentukan solusinya.

Sekurangnya 53 kelompok bersaing mengumpulkan point tertinggi dengan menyelesaikan soal yang tersebar di tiap pos yang ada di kampus UK Petra Surabaya. Hanya 20 kelompok dengan poin yang tertinggilah yang bisa maju ke babak slanjutnya, babak semi final.

Pada babak semi final yang digelar Sabtu (10/8/2019) dilaksanakan di PTC dengan konsep rally game android, Seven Raiders. Pada game ini tiap kelompok wajib membuat pertahanan terkuat terhadap serangan komputer.

Hanya 5 kelompok saja yang akan maju babak final. Babak final pada Minggu (11/8/2019) merupakan simulasi game yang dinamai Die Hard.

Para peserta di babak ini diajak untuk mencari sumber daya dari planet tidak berpenghuni. Pemenang dalam babak ini ditentukan bagi kelompok yang bisa menyelesaikan masalah, menyelesaikan game dan mengumpukan poin sebanyak-banyaknya.(tok)
top