suarasurabaya.net

Pemkot Surabaya Serahkan Hewan Kurban 16 Sapi dan 44 Kambing
Laporan Dwi Yuli Handayani | Minggu, 11 Agustus 2019 | 17:38 WIB

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya saat menjalankan salat Iduladha 1440 Hijriah bersama ribuan umat muslim di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Minggu (11/8/2019). Foto: Abidin suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, menyerahkan hewan kurban sebanyak 16 ekor sapi dan 44 ekor kambing ke sejumlah masjid yang ada di wilayah berjuluk "Kota Pahlawan", itu, Ahad, dalam rangka memperingati Idul Adha 1440 Hijriyah.

Supomo Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya di Surabaya, mengatakan dari 16 sapi kurban tersebut, enam di antaranya diberikan warga yang tinggal di eks-lokalisasi wanita tuna susila (WTS) Dolly dan Jarak.

"Untuk sisanya kami sebarkan ke masjid-masjid di Surabaya," katanya, seperti dilansir Antara.

Menurut dia, nantinya daging hewan kurban dari Pemkot Surabaya tersebut akan disebarkan kepada warga yang membutuhkan. Selain itu, hewan kurban tersebut juga telah diperiksa kesehatanya oleh dokter hewan di dinas terkait.

Sementara itu, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mengimbau kepada semua warga yang menyembelih hewan kurban, agar menjaga kebersihan daging hewan tersebut serta lingkungan.

"Jangan sampai ada hewan kurban yang sakit karena kurang higienis, jadi mari dibersihkan kotorannya dan jangan dibuang di sungai," ujarnya.

Agus Hebi Djuniantoro Kepala Bidang Kebersihan Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya sebelumnya mengatakan warga yang tetap membuang limbah hewan kurban sembarangan atau ke sungai, pihaknya akan memberikan teguran berupa sanksi administratif.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) Kota Surabaya No 1 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Surabaya Nomor 5 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan Surabaya.

"Kalau dibuang sembarangan nanti bisa kena sanksi karena itu juga termasuk pencemaran lingkungan," ujarnya. (ant/dwi)
top