suarasurabaya.net

Tamu Undangan Menikmati Hiburan Pengantar Acara HUT ke-74 RI di Istana Presiden
Laporan Farid Kusuma | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 11:55 WIB

Kirab Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi tiba di Istana Merdeka jelang upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8/2019). Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Ribuan tamu undangan dari unsur pejabat dan penyelenggara negara, raja-raja nusantara, serta masyarakat umum, sudah memadati halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Jelang acara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Pusaka, para tamu undangan disuguhi aneka musik marching band, dan tari tradisional mau pun modern.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi dari pukul 07.00 WIB, para tamu undangan banyak yang memakai pakaian adat daerah dari 34 provinsi di Indonesia.

Sesudah melewati proses pemeriksaan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), mereka langsung menuju ke tribun-tribun yang sudah disediakan panitia, di sekitar halaman Istana Merdeka.

Tidak sedikit para tamu undangan yang kedapatan memanfaatkan kesempatan untuk berfoto dengan latar belakang Istana Merdeka, sambil menikmati hiburan.

Berdasarkan informasi, rangkaian acara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia akan dimulai pukul 08.20 WIB.

Acara kenegaraan yang diperingati tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, ditandai dengan prosesi pengambilan Naskah Proklamasi dan Bendera Pusaka dari Monumen Nasional.

Dua benda bersejarah yang sangat berharga bagi Bangsa Indonesia itu, sekarang, pukul 08.45 WIB, dibawa ke Istana Merdeka tempat acara, dengan kereta kencana.

Nantinya, Joko Widodo Presiden selaku Inspektur Upacara dijadwalkan tiba di lokasi upacara pukul 09.57 WIB.

Puncak acara adalah peringatan Detik-detik Proklamasi pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi, kemudian mengheningkan cipta dan pembacaan doa.

Lalu, acara dilanjutkan dengan prosesi Pengibaran Bendera Pusaka yang diawali dengan laporan Komandan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019.

Kemudian Inspektur Upacara menyerahkan Bendera Merah Putih kepada pembawa bendera.

Bendera Pusaka akan dikibarkan oleh 68 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 yang terdiri dari siswa-siswi perwakilan 34 provinsi Indonesia.

Usai sesi penghormatan kepada Bendera Merah Putih dan laporan Komandan Paskibraka, akan ada Fly Pass Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara yang melintas di atas Istana Kepresidenan Jakarta.

Lalu, sesudah prosesi Penghormatan Kebesaran, Presiden, Wakil Presiden beserta rombongan meninggalkan tempat upacara.

Sebagai hiburan penutup acara pagi hari ini, Tim paduan suara dari TNI/Polri akan menyanyikan beragam lagu-lagu nasional dan daerah.

Sekadar informasi, pihak panitia menyiapkan 11 ribu kursi untuk tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Istana Kepresidenan.

Dari jumlah tersebut, 30 persen dialokasikan untuk aparatur pemerintah, sedangkan 70 persen sisanya dialokasikan untuk masyarakat umum.

Khusus untuk upacara penurunan Bendera Merah Putih yang rencananya digelar Sabtu sore, panitia sudah menyiapkan sekitar 13 ribu kursi untuk para tamu. (rid/tin/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Presiden Berlangsung Khidmat
  • Jokowi Presiden Mengenakan Pakaian Adat Bali pada Upacara Peringatan HUT ke-74 RI
  • top