suarasurabaya.net

Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Presiden Berlangsung Khidmat
Laporan Farid Kusuma | Sabtu, 17 Agustus 2019 | 12:08 WIB

Joko Widodo Presiden menyerahkan Bendera Pusaka kepada Anggota Paskibraka 2019, untuk dikibarkan pada Upacara HUT ke-74 RI, Sabtu (17/8/2019), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Rangkaian upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) di Istana Kepresidenan Jakarta berlangsung dengan lancar dan khidmat, Sabtu (17/8/2019).

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, acara kenegaraan dimulai pukul 09.45 WIB

Joko Widodo Presiden dan Iriana Ibu Negara bersama Jusuf Kalla Wakil Presiden dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang kompak mengenakan pakaian tradisional, tiba di Istana Merdeka pukul 09.55 WIB, diantar mobil Limosin Kepresidenan.

Tepat pukul 10.00 WIB, peringatan detik-detik proklamasi berlangsung, ditandai dengan berbunyinya sirine, diiringi 17 kali dentuman meriam dari Lapangan Monumen Nasional (Monas) yang terdengar jelas dari Istana Merdeka.

Kemudian, Teks Proklamasi dibacakan oleh Oesman Sapta Odang Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, dan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, pukul 10.05 WIB, dipimpin Jokowi selaku Inspektur Upacara.

Lalu, doa sebagai ungkapan syukur atas anugerah kemerdekaan Indonesia, dibacakan oleh Muhadjir Effendy Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekitar pukul 10.10 WIB, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2019 mulai melaksanakan tugasnya.

Di bawah komando Kapten Ar Razi Dalimunthe, 34 anggota Paskibraka 2019 berbaris dengan kompak, menuju Mimbar Kehormatan, untuk mengambil Bendera Pusaka.

Kemudian, Bendera Pusaka yang diletakkan Jokowi Presiden di atas baki, dibawa ke arah tiang bendera, tengah halaman Istana Merdeka.

Prosesi pengibaran bendera dengan iringan Lagu Indonesia Raya berlangsung lancar. Semua tamu yang hadir berdiri dan memberi hormat kepada Sang Saka Merah Putih.

Sesudah itu, ada Fly Pass Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara yang melintas di atas Istana Kepresidenan Jakarta.

Sebelum terbang rendah di atas Istana Kepresidenan Jakarta, ketua tim parade pesawat TNI AU mengucapkan selamat ulang tahun kemerdekaan Indonesia dari dalam kokpit pesawat, yang diperdengarkan ke area Istana Presiden melalui pengeras suara.

Sebagai hiburan penutup acara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera pusaka, Tim paduan suara dari TNI/Polri menyanyikan beragam lagu-lagu nasional dan daerah.

Sebelum meninggalkan lokasi acara, sekitar pukul 11.15 WIB, Jokowi Presiden dan Jusuf Kalla Wakil Presiden menyempatkan diri menyapa tamu undangan di tribun sekitar Istana Merdeka.

Di antara ribuan tamu yang hadir, ada tamu undangan mewakili Suara Surabaya yaitu Errol Jonanthans Direktur Utama Suara Surabaya Media dan Bernadeth Nunung istrinya.


Errol Jonathans Direktur Utama Suara Surabaya Media dan Bernadeth Nunung istrinya. Foto: Farid suarasurabaya.net

Sekadar diketahui, acara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia di Istana Kepresidenan Jakarta, juga dihadiri oleh sejumlah veteran pejuang kemerdekaan, pejabat/penyelenggara negara, Menteri Kabinet Kerja, Anggota DPR RI, pimpinan lembaga negara, raja-raja nusantara dan duta besar/perwakilan negara-negara sahabat.

Pihak panitia menyiapkan 11 ribu kursi untuk tamu undangan yang menyaksikan langsung peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Istana Kepresidenan.

Dari jumlah tersebut, 30 persen dialokasikan untuk aparatur pemerintah dan pejabat negara, sedangkan 70 persen sisanya dialokasikan untuk masyarakat umum. (rid/ipg)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Tamu Undangan Menikmati Hiburan Pengantar Acara HUT ke-74 RI di Istana Presiden
  • Jokowi Presiden Mengenakan Pakaian Adat Bali pada Upacara Peringatan HUT ke-74 RI
  • top