suarasurabaya.net

Usai Latihan, Marinir Amerika Serikat Lakukan Culture Day
Laporan J. Totok Sumarno | Sabtu, 24 Agustus 2019 | 17:55 WIB

Ikuti program Culture Day, usai latihan di Situbondo dan Banyuwangi, Marinir Amerika Serikat kunjungi tempat wisata di Kota Surabaya. Foto: Dispen Kormar
suarasurabaya.net| Usai latihan di Situbondo dan Banyuwangi, Marinir Amerika yang tergabung dalam Latihan Bersama Platoon Exchange (Platex) 2019 laksanakan program Culture Day dengan kunjungi tempat wisata di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (24/8/2019).

Dengan dipandu prajurit Marinir TNI AL dibawah pimpinanan Lettu Marinir Presly, Marinir Amerika diajak mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, House Of Sampoerna, Tugu Pahlawan dan Monumen Kapal Selam (Monkasel).

Kegiatan diawali dengan mengunjungi Kebun Binatang Surabaya, kemudian dilanjutnkan mengunjungi House Of Sampoerna, Tugu Pahlawan dan terakhir mengunjungi Monumen Kapal Selam.

Di House Of Sampoerna, rombongan Marinir Indonesia dan Amerika melihat secara langsung sejarah berdirinya pabrik rokok Sampoerna hingga saat ini, sedangkan di Monkasel, rombongan Marinir Indonesia dan Amerika menyaksikan pemutaran video singkat sejarah Kapal Selam Pasopati 410, selain itu juga mendapat penjelasan tentang KRI Pasopati 410 mulai dari penugasan operasi yang pernah dilaksanakan, dinonaktifkannya KRI Pasopati 401 serta sejarah pembangunan Monkasel.

Komandan Satgas Latma Platex 2019 Mayor Marinir Eko Budi Prasetyo mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan tempat wisata yang ada di kota Surabaya.

Selain itu juga sebagai wahana refresing bagi Marinir kedua Negara setelah tiga minggu melaksanakan latihan di Puslatpurmar 5 Baluran dan di hutan Selogiri Banyuwangi.

Sementara itu, Kapten USMC Alfarado menyampaikan ucapan terima kasih kepada Marinir Indonesia yang telah mengenalkan tempat-tempat wisata atau sejarah yang berada di kota Surabaya.

"Ini pengalaman berharga bagi kami Marinir Amerika, Kami sangat senang diajak Marinir Indonesia untuk mengunjungi tempat-tempat sejarah yang ada di kota Surabaya," terang Kapten USMC Alfarado.(tok)
top