suarasurabaya.net

Wisuda ke 13 PENS, 210 Wisudawan Berpredikat Cumlaude
Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 09 September 2019 | 13:40 WIB

Saat pelaksanaan wisuda ke 13 PENS. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| PENS gelar Sidang Terbuka Senat dengan wisuda ke 13 yang berlangsung di Graha Sepuluh Nopember Surabaya, mewisuda 892 mahasiswa, dan sekurangnya 210 wisudawan berhasil meraih predikat cumlaude, terbaik.

Ke 892 mahasiswa yang diwisuda terdiri dari 27 wisudawan Program Magister Terapan, 350 wisudawan Program Sarjana Terapan, 326 wisudawan Ahli Madya, dan 189 wisudawan Ahli Pratama.

Dari total seluruh wisudawan tahun 2019 ini, 210 mahasiswa mendapatkan predikat terbaik.

Program Magister Terapan, nilai tertinggi diraih oleh Nailussaada mahasiswa dari program studi Teknik Informatika dan Komputer dengan nilai 3,98. Dari Sarjana Terapan diraih oleh Rizka Wahyu Aditiya Saputra dengan nilai 3,88. Dari Diploma diraih oleh Fathia Rosyida dari program studi Elektro Industri dengan nilai 3,77. Sedangkan dari Akademi Komunitas diraih oleh Hamdan Nasrullah dengan nilai 3,98 Program Studi Multi Media Broadcasting.

Dr. Zainal Arief, Direktur PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) menyampaikan bahwa pihaknya memang telah membekali para mahasiswa selama proses belajar dengan berbagai pengetahuan dan setelah wisuda saatnya mengimplementasikan ilmunya.

"PENS telah membekali seluruh wisudawan selama proses belajar dengan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap. Dan sekaranglah, saatnya para wisudawan mengimplementasikan segala potensi yang ada dalam dunia kerja, dunia usaha, dan dunia industri. Namun, semuanya harus dilandasi dengan akhlak yang baik. Akhlak ini menentukan potensi yang ada, ilmu yang diperoleh bisa bermanfaat untuk kebaikan atau tidak," terang Zainal Arief.

Pada perjalanan 31 tahun, PENS telah menempatkan diri sebagai Institusi Pendidikan Vokasi Terbaik di Indonesia, baik dalam hal Tata Kelola, kualitas SDM juga dalam prestasi kemahasiswaan.

"Dan yang membanggakan, sampai dengan tahun 2019 ini kita masih tetap bisa mempertahankan sebagai Perguruan Tinggi Vokasi Terbaik 1 dalam klasterisasi Perguruan Tinggi 2019 yang dilakukan Kemenristekdikti. Selain itu, PENS juga mendapatkan Anugerah Widyapadhi Politeknik kategori Produk Inovasi. Suatu penghargaan yang diberikan karena menghasilkan banyak produk yang membumi, yang bisa diterapkan dan dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat dunia usaha dan dunia industri," ujar Zainal Arief.

Para wisudawan patut berbangga menjadi lulusan PENS yang jujur, orisinil, semangat, dan santun, atau yang dikenal dengan istilah JOSS. Kompetensi lulusan yang bermutu sangatlah dibutuhkan, meliputi: pemahaman terhadap ilmu pengetahuan, penguasaan ketrampilan dan kemampuan berinteraksi (Kowledge, Skill, Attitude) yang mengedepankan etika dan prinsip profesionalisme yang tercermin dalam JOSS.

"Kami mengajak segenap civitas akademika termasuk para alumni kami untuk bersama-sama tetap menjaga keberhasilan yang telah diraih sekaligus juga memberikan kontribusi maksimal dimanapun bekerja dan berkarya," pungkas Zainal, Senin (9/9/2019).(tok)
top