suarasurabaya.net

The 8th Asia Contest of The Architectural Rookie Award 2019, Diikuti 23 Negara Asia
Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 12 September 2019 | 16:16 WIB

Satu diantara tim peserta seleksi nasional yang digelar di kampus UK Petra Surabaya. Foto: Humas UK Petra Surabaya
suarasurabaya.net| Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya, Kamis (12/9/2019) gelar seleksi nasional kompetisi The 8th Asia Contest of The Architectural Rookie Award 2019.

Seleksi nasional ini digelar di Teater Gedung Q kampus UK Petra, Surabaya, diikuti 20 karya terbaik yang sudah melalui proses seleksi di tiap kota sebelumnya.

Para peserta seleksi nasional tersebut diantaranya adalah Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Universitas Katolik Parahyangan Bandung dan UK Petra Surabaya.

Sylviana Putri Sunario Soegondo, S.T., M.Eng., ketua pelaksana dan dosen Prodi Arsitektur UK Petra menyampaikan bahwa kompetisi kali ini dikhusukan bagi mahasiswa arsitektur semester satu sampai semester tiga.

"Rookie Award ini merupakan kompetisi karya khusus mahasiswa Arsitektur tingkat satu hingga tiga dari berbagai negara yang ada di Asia. Nah, UK Petra ditunjuk sebagai penyelenggara seleksi nasional, nantinya akan dipilih satu mahasiswa yang akan mewakili Indonesia untuk bersaing di Jepang," terang Sylviana Putri Sunario Soegondo, S.T., M.Eng, Kamis (12/9/2019).

Saat di Jepang, lanjut Sylviana kompetisi akan diikuti sekurangnya oleh perwakilan darti 23 negara di Asia. Dan tema yang dipilih adalah: Man and Nature, yang ingin mengetahui pandangan konsep hubungan manusia dan alam dalam arsitektur.

"Saat kompetisi di Jepang akan diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 23 negara Asia. Dengan membawa tema: Man and Nature. Tema ini ingin mengetahui pandangan dan tata cara memaknai konsep hubungan manusia dengan alam di dalam Arsitektur," papar Sylviana.

Tiga juri dihadirkan dalam seleksi nasional, mereka adalah: Youngil Lee President of Asia United Architecture Association, Ketut Arthana Arte Architect & Associates dan Rudy Kelana Wahana Architects.

Para peserta diberi waktu 7 menit untuk presentasi di depan para juri untuk kemudian dipilih juara 1,2,3 dan favorit. Hanya juara 1 saja yang nantinya akan menjadi wakil Indonesia di Jepang.

Kegiatan seleksi nasional ini merupakan kombinasi antara seleksi dan seminar, karenanya saat sebelum pengumuman pemenang akan ada seminar dari masing-masing juri mengenai relasi antara manusia dengan alam.

Kompetisi The 8th Asia Contest of The Architectural Rookie Award 2019 ini merupakan gelaran dari Asia United Architecture Association atau asosiasi arsitektur Asia yang berlokasi di Osaka, Jepang.(tok/tin)
top