suarasurabaya.net

Wujudkan Profesionalisme, LPD Unusa Diklat Penguatan Kepala Sekolah di Magetan
Laporan J. Totok Sumarno | Senin, 16 September 2019 | 13:44 WIB

Seremonial pembukaan Diklat bagi Kepala Sekolah di pendopo Kabupaten Magetan. Foto: Humas Unusa
suarasurabaya.net| Pendidikan bermutu membutuhkan tenaga pendidik profesional, dan kepala sekolah perlu mendapat pengetahuan mewujudkannya. LPD Unusa gelar diklat Kepala Sekolah se-Kabupaten Magetan.

Pendidikan dan Latihan (Diklat) diiikuti 549 Kepala Sekolah dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kabupaten Magetan mengikuti kuliah umum sebelum diklat digelar.

Menghadirkan Prof. Mohammad Nuh, DEA., Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) periode 2009-2014, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd., Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Kemendikbud RI, Dr. Suprawoto, M.Si., Bupati Magetan, dimoderatori, Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng., Rektor Unusa.

Prof. Mohammad Nuh, DEA., menyampaikan agar mendidik anak-anak sesuai dengan zamannya. Hal ini sangat penting, karena dengan penyesuaian zaman, maka anak akan bisa beradaptasi dengan lingkungannya saat ini. Jangan sampai, seorang guru atau kepala sekolah membuat kebijakan yang tidak sesuai dengan zamannya.

Terlebih jadikan murid-murid sebagai sosok atau orang pemungkin. "Seorang pemungkin akan bisa menggapai impiannya dan memiliki prestasi yang melejit," terang Prof. Mohammad Nuh, DEA.

Mohammad Nuh menambahkan, menjadi pendidik adalah profesi yang sangat mulia. Tak ada profesi yang paling menguntungkan baik dilihat dari sisi dunia maupun akhirat, selain profesi pendidik.

"Menjadi pendidik adalah bentuk pengabdian yang tiada batasnya. Sehingga hanya manusia-manusia tertentu saja yang dipilih oleh langit untuk terjun dan bermain peran sebagai pendidik," tambah Nuh.

Sama halnya dengan Mohammad Nuh, narasumber kedua Prof. Dr. Nunuk Suryani Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) Kemendikbud RI, mengajak seluruh kepala sekolah untuk menjadi profesional dalam mengatur sekolah.

Prof. Dr. Nunuk Suryani mengungkapkan bahwa kegiatan penguatan kompetensi kepala sekolah ini merupakan kegiatan yang strategis dan penting khususnya bagi para kepala sekolah karena bagi para kepala sekolah yang telah diangkat dan belum memiliki sertifikat nasional perlu dikuatkan mereka.

"Oleh karena itu harapannya bagi para kepala sekolah yang mengikuti kegiatan ini benar-benar mau belajar, mau berubah dan mau meningkatkan kompetensi mereka dalam rangka untuk mengembangkan sekolah lebih baik," papar Nunuk Suryani, yang menjabat Ketua LPPKS Kemendikbud RI.

Guru Besar UNS ini berharap secara keseluruhan kepala sekolah di kabupaten Magetan kompetensinya akan merata sehinga nantinya tidak ada sekolah yang tidak unggul di kabupaten Magetan. Sehingga nantinya setelah mengikuti kegiatan ini para kepala sekolah yang lulus akan mendapatkan sertifikat nasional.

"Nantinya lebih semangat dan berpacu bersaing berkompetisi untuk mengembangkan sekolah mereka masing-masing sehingga seluruh sekolah yang ada di kabupaten Magetan menjadi sekolah unggul yang nantinya dapat menghasilkan tamatan yang berkualitas," tegas Nunuk.(tok/iss/ipg)
top