suarasurabaya.net

Besok, Ribuan Buruh Jatim Tolak Kenaikan Iuran BPJS
Laporan Zumrotul Abidin | Rabu, 18 September 2019 | 20:25 WIB

Ilustrasi. Ribuan buruh FSPMI dengan mobil komando menuju ke Gedung Negara Grahadi untuk berunjuk rasa. Foto: Dok suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Ribuan buruh dari berbagai organisasi serikat di Jatim siap menggelar aksi unjuk rasa pada Kamis (19/9/2019). Mereka mengusung tiga tuntutan utama yakni tolak revisi Undang-Undang No. 13/2003 tentang Ketenagakerjaan, Tolak Kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan wujudkan sistem jaminan pesangon di Jatim.

"Kami membawa tiga tuntutan utama, dua tuntutan nasional dan satu tuntutan lokal Jatim yang intinya menagih janji Gubernur tentang Perda Jaminan Pesangon," ujar Nuruddin Hidayat Wakil Ketua DPW Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Jatim kepada suarasurabaya.net, Rabu (18/9/2019).

Nuruddin mengatakan, aksi ini bagian dari aksi pemanasan yang dilakukan FSPMI maupun Federasi Serikat Pekerja Kimia Energi Pertambangan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KEP KSPI). Sebab, aksi besar serentak secara nasional akan digelar pada 2 Oktober mendatang dengan dua tuntutan nasional itu.

"Besok massanya sekitar 1.500 terdiri dari buruh di ring 1 Jatim," katanya.

Nuruddin mengatakan, sasaran aksi rencana awal langsung ke DPRD Jatim Jl Indrapura. Buruh di sekitar rungkut dan sebagian Sidoarjo akan kumpul dulu di Berbek Industri. "Kemudian berangkat bersama-sama pukul 09.00 WIB," katanya. (bid)
top