suarasurabaya.net

Jelang Puncak HUT ke-74 TNI, Panglima TNI Ziarah Nasional
Laporan J. Totok Sumarno | Kamis, 19 September 2019 | 19:55 WIB

Ziarah nasional digelar menjelang puncak peringatan HUT ke-74 tahun TNI. Foto: Dispen Kormar
suarasurabaya.net| Jelang pelaksanaan peringatan puncak HUT ke 74 TNI pada 5 Oktober, Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) Komandan Korps Marinir, mengikuti Panglima TNI Marsekal Hadi Tahjanto, S.I.P dan rombongan ziarah nasional ke makam H.M Soeharto, di Astana Giribangun, Karanganyar, Solo, Jateng, Kamis (19/9/2019).

"Kegiatan ziarah ini adalah tradisi yang bagus, dan kami lakukan setiap tahunnya ke makam Presiden pertama RI, Ir. Soekarno lalu ziarah ke makam Gus Dur, kemudian ziarah ke makam Presiden ke-2 Soeharto dan Panglima Besar Jenderal Sudirman," terang Panglima TNI.

Lebih lanjut dikatakan, ini adalah tradisi untuk mengingatkan bagi generasi milenial penerus bangsa, untuk mengerti dan memahami perjuangan para pahlawan kita. Menurutnya, pidato Bung Karno tentang Jas Merah atau jangan sekali-kali melupakan sejarah juga merupakan pesan moral yang penting bagi bangsa Indonesia.

"Ziarah ini untuk mengenang jasa dan perjuangan para pahlawan. Selain itu, lewat ziarah ini, TNI juga mengajak para generasi milenial agar tidak melupakan sejarah dan perjuangan para pahlawan," jelas Panglima.

Panglima TNI berharap dalam peringatan HUT TNI ke-74 yang mengusung tema: TNI Profesional Kebanggaan Rakyat ini, TNI dapat mengimplementasikan pesan itu sekaligus melanjutkan perjuangan para pendahulu untuk mengisi pembangunan di Indonesia.

Terutama mensejahterakan kehidupan bangsa, untuk TNI dalam konteks ini dengan menciptakan stabilitas keamanan.

Sehari sebelumnya juga telah dilaksanakan ziarah Nasional ke makam Ir. Soekarno dan KH. Abdurahman Wahid, pada Rabu (18/9/2019).

Dalam rombongan ziarah Nasional tersebut, tampak mendampingi Panglima TNI, Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Siwi Sukma Aji, S.E., M.M., beserta Ibu, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Yuyu Sutisna, (Kasau) beserta Ibu, Letjen TNI M Herindra (Irjen TNI), Letjen TNI Harto Karyawan (Pangkostrad), Marsdya TNI Tresni Hendardi (Dansesko TNI), Laksdya TNI Aan Kurnia (Danjen Akademi) dan rombongan Perwira Tinggi TNI lainnya.(tok/ipg)
top