suarasurabaya.net

Lakon The Cues Tepis Anggapan Anak Muda Cuek
Laporan J. Totok Sumarno | Rabu, 25 September 2019 | 19:03 WIB

Satu diantara penggalanadegan dalam lakon The Cues yang ditampilkan mahasiswa UK Petra Surabaya. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Tampilkan lakon The Cues, kelompok Petra Little Theatre, Rabu (25/9/2019) ingin menepis anggapan masyarakat kebanyakan yang menilai anak-anak muda saat ini yang tidak punya simpati, cuek.

Anak-anak muda saat ini punya keinginan menjadikan dirinya sebagai manusia-manusia yang peduli dan peka terhadap kebutuhan sekitarnya. Lakon The Cues menampilkan drama komedi bahwa ada proses yang memang harus dialami bersama menuju rasa memiliki.

The Cues berkisah tentang sekelompok anak-anak muda dengan berbagai latar belakang, pola pikir dan sudut pandang mereka masing-masing saat harus bekerja bersama di balik panggung untuk sebuah pementasan.

Seperti yang dialami oleh Lydia Santoso, tokoh utama dalam cerita ini. Seorang anak ingusan, Assistant Stage Manager, yang tiba-tiba harus memikul tanggung jawab sebagai Stage Manager yang memimpin jalannya pementasan.

Apa saja yang harus ia putuskan ketika masalah demi masalah muncul, satu jam sebelum pementasan dimulai? Akankah ia dan teman-teman satu timnya menyadari bahwa semangat bekerja bersama saja tidak cukup?

Dan ada saat-saat di mana mereka harus bekerjasama? Karena pada akhirnya, apa pun masalah yang terjadi, sebuah pertunjukan tetap harus berjalan. The show must go on.

Melinda MA penulis naskah The Cues menyampaikan bahwa sebagai sebuah wadah teater cocok untuk anak muda sebagai bagian untuk mengasah kepekaan pada banyak hal ditengah-tengah masyarakat.

"Teater adalah wadah yang baik dan pas terutama untuk anak-anak muda, buat melatih rasa. Mulai dari kepekaan sehingga mereka dapat mulai bersimpati untuk kemudian selanjutnya memilih berempati," terang Meilinda.

Sementara itu, ditambahkan Maria K. Salelatu, S.S., sebagai sutradara muda lulusan English for Creative Industry UK Petra Surabaya yang didapuk menangani pementasan teater berbahasa Inggris ini menegaskan bahwa pertunjukan teater sejatinya sangat menyenangkan.

"Masyarakat atau sebagian besar orang mengira pertunjukan teater itu membosankan. Saya ingin memberikan pengalaman lonjakan-lonjakan emosi yang pasti dirasakan penonton saat menyaksikan sebuah live perfomance. Dan tentunya menyenangkan. Penonton bahkan bisa memahami dan menjadi bagian dari cerita yang disajikan di atas panggung," pungkas Maria K. Salelatu.

Pertunjukan The Cues dimainkan secara khusus pada Rabu (25/9/2019) mengundang awak media untuk menyaksikannya secara langsung. Sedangkan untuk mahasiswa dan umum digelar hingga Sabtu (28/9/2019) di Studio Petra Little Theatre, Gedung B lt. 2, Kampus Utama UK Petra Surabaya.(tok/dwi)
top