suarasurabaya.net

Buruh Bubar Pukul 15.00 WIB, Ternyata Sudah Ada Kesepakatan dengan Dewan
Laporan Denza Perdana | Rabu, 02 Oktober 2019 | 15:48 WIB

Aksi unjuk rasa buruh di depan Kantor DPRD Jatim tuntas tepat pukul 15.00 WIB. Foto: Denza suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Aksi unjuk rasa buruh di depan Kantor DPRD Jatim tuntas tepat pukul 15.00 WIB. Massa sudah membubarkan diri dan pulang dengan tertib.

Padahal, sejumlah besar massa gabungan serikat pekerja naik belasan bus dan ratusan sepeda motor datang di Jalan Indrapura pukul 14.00 WIB.

Ternyata sebelum pukul 14.00 WIB, sejumlah koordinator aksi sudah bertemu anggota dewan di ruang Badan Musyawarah.

Koordinator aksi dan anggota dewan yang dipimpin langsung Kusnadi Ketua DPRD Jatim menyepakati empat poin tuntutan buruh, Rabu (2/10/2019) ini.

Diantaranya:
Pertama: Menyepakati pembentukan perda jaminan pesangon yang akan dimasukkan dan dibahas dalam prolegda 2019 melibatkan elemen buruh Jawa Timur.

Buruh berharap pada hari peringatan buruh atau May Day tahun depan, Perda itu bisa menjadi hadiah dari pemerintah.

Kedua: Buruh dan DPRD Jatim menyepakati DPRD, Pemprov dan elemen buruh Jatim akan melakukan audiensi ketenagakerjaan di Jakarta.

Audiensi itu berkaitan revisi Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Ketiga: Audiensi itu juga menyepakati hearing pembahasan disparitas upah oleh DPRD Jatim, Pemprov, Pemkot dan Pemkab pada Oktober ini.

Buruh menuntut pembahasan disparitas upah di kabupaten/kota ini karena mendapat banyak keluhan elemen buruh di kabupaten/kota yang disparitasnya terlalu tinggi.

Terakhir, Audiensi juga menyepakati pembentukan Badan Pengawas Rumah Sakit (BPRS) berkaitan pengawasan pelaksanaan BPJS kesehatan.

Buruh meminta, BPRS sudah bisa dibentuknya selambat-lambatnya 2020 mendatang.

Buruh pun mengakhiri aksi dengan bersyukur. Karena di lokasi lain di Indonesia buruh mungkin tidak mudah bertemu DPRD dan semua tuntutannya segera disetujui. (den/dwi/rst)

B E R I T A    T E R K A I T
  • Polwan Sambut Buruh dengan Spanduk Persuasif: Sing Tenang Oleh Selfie Karo Aku
  • top