suarasurabaya.net

Buku Foto Jokowi Saudara Kita Ajak Masyarakat Lebih Kenal Pemimpinnya
Laporan J. Totok Sumarno | Jumat, 18 Oktober 2019 | 17:19 WIB

Sampul depan buku foto jurnalistik Jokowi Saudara Kita. Foto: Istimewa
suarasurabaya.net| Hasiholan Siahaan XIV fotografer, kembali luncurkan karya foto jurnalistiknya dalam buku: Jokowi Saudara Kita mengikuti sukses buku pertamanya: Jokowi: 2012-2019. Diluncurkan sebagai penghormatan pada Presiden Joko Widodo sekaligus agar masyarakat makin mengenal pemimpinnya.

"Saya tergelitik membuat buku ini setelah melihat cara Presiden Jokowi memimpin negeri ini dengan fenomenal. Padahal, dia adalah sosok yang sederhana. Ini juga agar masyarakat semakin mengenal siapa pemimpinnya," terang Hasiholan, Jumat (18/10/2019).

Buku Foto Jurnalistik: Jokowi Saudara Kita, terdiri dari 357 foto yang dikemas dalam 166 halaman full colour berukuran 21x29 cm. Buku ini menceritakan perjalanan panjang Jokowi mulai dari sosok sederhana sebagai seorang tukang kayu dan pengusaha meubel di Kota Solo, hingga menjadi figur fenomenal, Presiden Republik Indonesia.

Karya-karya nyata yang telah ditunjukkannya selama menjadi Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta, hingga menjadi orang nomor satu di negeri ini, yang telah memberi warna menarik bagi Indonesia. Dalam pembangunan fisik misalnya, Jokowi mampu membangun negeri ini dengan pembangunan infrastruktur yang luar biasa.

Begitu pula dalam pembangunan manusianya, Jokowi juga mampu memberikan program nyata bagi kemajuan masyarakat Indonesia baik dalam pendidikan maupun penghidupan.

Hal itu tergambarkan secara nyata lewat foto-foto jurnalistik yang disusun dan dibukukan oleh Hasiholan Siahaan XIV kali ini, melanjutkan sukses buku sebelumnya: Jokowi: 2012-2019.

Semakin menarik karena buku foto jurnalistik besutan Hasiholan Siahaan XIV tersebut melibatkan 12 fotografer profesional Indonesia, yang menjadikan buku foto jurnalistik tersbeut menjadi lebih komprehensif.

"Buku ini dibuat sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan yang tinggi kepada beliau yang telah berjasa membangun Indonesia dalam lima tahun pertama. Apalagi, beliau juga akan melanjutkan kepemimpinannya pada periode kedua nanti," tambah Hasiholan.

Buku ini sangat menarik karena menampilkan sisi lain dari sosok Presiden yang sederhana tapi unik dan simpatik. Karena itu, diharapkan buku ini bisa menjadi cermin dan memberikan edukasi bagi masyarakat Indonesia tentang pentingnya pemimpin yang merakyat, bersih, dan peduli terhadap rakyat.

Karena itu pula buku foto ini bertajuk: Jokowi Saudara Kita. Itu artinya, presiden Jokowi adalah milik seluruh rakyat Indonesia.

Buku ini juga sengaja diluncurkan bersamaan dengan perhelatan pelantikan Presiden Jokowi-Wakil Presiden Maruf Amin pada Minggu (20/10/2019) agar menjadi momen bersejarah bagi perjalanan Jokowi.

Para fotografer yang karyanya ikut menghiasi setiap halaman buku ini diantaranya, Adam Erlangga, Ali Masduki, Isra Triansyah, Teguh, Ahmad Antoni, Yorri Farli, Yuswantoro, Eko Purwanto, Yulianto, Sutikno, Abdul Rochim, Ramadhan Adiputra dan Hasiholan Siahaan XIV.(tok/ipg)
top