suarasurabaya.net

Masa Jabatan Berakhir, Jokowi-JK Silaturahim dengan Menteri dan Pejabat di Istana Negara
Laporan Farid Kusuma | Jumat, 18 Oktober 2019 | 17:28 WIB

Joko Widodo Presiden dan Jusuf Kalla Wakil Presiden foto bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja jilid Pertama, di akhir masa jabatan 2014-2019, Jumat (18/10/2019), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Farid suarasurabaya.net
suarasurabaya.net| Hari ini, Jumat (18/10/2019), merupakan hari kerja terakhir bagi Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) sebagai pasangan Presiden dan Wakil Presiden periode 2014-2019.

Jokowi-JK pun mengumpulkan menteri dan pejabat setingkat menteri, dalam acara silaturahim, sekaligus perpisahan dengan Jusuf Kalla yang akan memasuki masa pensiun.

Pantauan suarasurabaya.net, di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, para menteri Kabinet Kerja mulai datang sekitar pukul 12.45 WIB.

Acara diawali dengan sesi foto bersama di halaman Istana Merdeka, sekitar pukul 13.10 WIB. Kemudian, disambung dengan jamuan makan siang di Istana Negara.

Di sela acara santai itu, Jokowi Presiden mengucapkan terima kasih kepada Jusuf Kalla, para menteri serta kepala lembaga yang sama-sama bekerja untuk menyelesaikan persoalan bangsa dan negara.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Wapres (JK), bapak dan ibu yang telah bersama-sama bekerja keras untuk negara ini, dan amanat yang diberikan kepada kami berdua periode 2014-2019. Terima kasih juga para menko, para menteri, kepada kepala badan, Kapolri, Panglima TNI, dan Jaksa Agung yang telah kerja sama," ujar Presiden.

Jokowi juga menyampaikan permintaan maaf karena sering menghubungi para menteri/kepala lembaga tengah malam, untuk meminta data terkait peristiwa atau solusi atas permasalahan yang terjadi.

"Saya juga mohon maaf kalau saya ganggu tengah malam. Itu adalah gangguan yang saya lakukan karena negara ini memerlukan kerja kita semuanya," tegas Jokowi.

Di tempat yang sama, Jusuf Kalla mengungkapkan rasa syukur karena bisa menjalankan tugas sebagai Wakil Presiden selama lima tahun mendampingi Jokowi.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut juga meminta maaf kalau ada kesalahan selama menjabat RI2.

Dia berharap, pemerintahan mendatang bisa mewujudkan cita-cita Bangsa Indonesia.

Pada kesempatan itu, JK menyerahkan memori jabatan Wakil Presiden yang merupakan laporan pertanggungjawaban atas kinerjanya selama lima tahun, kepada Jokowi Presiden.

Seperti diketahui, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, hari Minggu (20/10/2019).

Upacara pengambilan sumpah jabatan akan diselenggarakan di Gedung DPR/MPR RI, kawasan Senayan, Jakarta Pusat. (rid/tin/ipg)
top